Rabu, 22 September 2010

Thunder 125 Vs Pulsar 180

2857karbu-gt-1.jpgLagi nih, tawaran menarik buat subsitusi karburator vakum. Kini giliran part pengabut bensin dan udara milik Bajaj Pulsar 180 DTS-I (Mikuni BS29) dan Suzuki Thunder 125 (Mikuni BS26).2858karbu-gt-2.jpg

Tapi keduanya punya perbedaan. Beda di mana, yuk kita cari tahu! “Karburator Pulsar memiliki botol skep yang lebih besar ketimbang Thunder 125,” ujar Kemal, pemilik workshop Mulia Mitra Motor di Jl. H Mencong, No. 41, Ciledug, Tangerang.

2859karbu-gt-3.jpgMasa sih? Yuk kita coba ukur! Botol skep Pulsar yang memiliki diameter 27 mm. Sedang Thunder, bermain di 25 mm. Lalu, coba diukur lebih jauh lagi, yaitu venturi bagian dalam karbu.

Taunya, punya Pulsar juga lebih besar. Yaitu, 27,5 mm. Sedang milik Thunder bermain di 26 mm, sama seperti sebutannya. He..he..he... Nah, bagian terakhir yang diukur, yaitu venturi yang menghadap ke intake. Pulsar memiliki diameter 29 mm, sedang Thunder 26.

Begitunya kedua karbu ini memiliki keuntungan lebih. Yaitu soal kemiringan atau sudut karbu menghadap intake. Dengan sudut yang lebih miring, semburan ke ruang bakar jadi lebih fokus. Mantapnya, mangkuk karbu tetap mendatar seimbang. Suplai bensin dari penampung pun dipastikan tidak bakal terganggu. Begitu!

Penulis/Foto : Eka/GT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar