Rabu, 22 September 2010

Lacak Posisi Motor Via SMS

3249tracking-boyo.jpgTingginya tingkat pencurian motor saat ini harus diwaspadai para pemilik motor. Untuk itu, motor perlu dipasang pengaman tambahan. Dengan alat pengaman konvensional yang selama ini dikenal, tetap saja, maling bisa melumpuhkan. Bahkan dalam hitungan detik.

Untuk itu pemilik motor mesti lebih canggih lagi ketimbang malingnya. Tentunya, juga pakai alat yang canggih pula. Sekarang sedang berkembang alat pelacak motor dengan teknologi satelit atau disebut juga tracking.

Sistem kerjanya dengan menggunakan bantuan satelit. Satelit di orbit bumi ini mengirimkan sinyal yang menunjukkan posisi motor, lalu diterima oleh telepon genggam dengan menggunakan teknologi General Packet Radio Service alias GPRS.

GPRS merupakan teknologi baru yang memungkinkan para operator jaringan komunikasi bergerak menawarkan layanan data. Dengan alat ini posisi motor yang digondol maling bisa langsung diketahui keberadaannya.

Alat dengan merek I-Guard ini juga bisa berfungsi sebagai alarm yang dapat bermanfaat untuk mematikan mesin motor melalui SMS. Cuanggih kan?

I-guard memakai teknologi GPRS untuk mengirimkan pesan di mana posisi motor. Pesan yang diterima oleh pemilik motor di handphone dalam bentuk koordinat.

Selanjutnya koordinat bisa dibaca dengan memakai google earth atau bisa juga memakai sofware yang lainnya. Dengan koordinat secara pasti akan diketahui berada dimana kendaraan yang dicuri itu.

"Alat yang dipasang di motor, harus dites kekuatannya. Maklum, teknologi ini jika dipasang di motor butuh ketahanan dibanding jika dipasang di mobil. Terutama tahan terhadap guncangan dan air saat terkena guyuran hujan," buka Jaya, juragan Vilanishop, penjual I-guard.

Cara kerjanya, untuk mengirimkan posisi motor ke handphone pemiliknya, di motor dipasang kartu yang mirip kartu GSM. Lalu dalam kartu ini dimasukkan nomor handphone pemilik motornya.

Apabila motor digondol maling, pemilik tinggal mengirimkan SMS ke nomor kartu yang dipasang di motor. Lalu kartu secara otomatis nomor di motor mengirimkan pesan dalam bentuk posisi kordinat dengan bantuan satelit.

Selain dapat mengirimkan letak dan posisi motor, alat ini juga bisa mengetahui kecepatan motornya. Kecepatannya bisa diseting.

"Untuk mematikan mesin motor pun bisa melalui SMS yang dikirim empunya motor. Karena alat ini sudah dilengkapi software khusus untuk itu," lanjut Jaya yang berkantor di kompleks Vila Nusa Indah 3, Bekasi, Jawa Barat.

Fungsi alarmnya bisa dipakai jika motor yang sedang diparkir diutak-atik orang. Alarm yang pertama kali akan berfungsi mengalihkan perhatian orang. Bisa disebut alat ini multifungsi, yaitu sebagai alarm, mematikan mesin dan sekaligus melacak keberadaan motor yang memang lagi dicari. Praktis kan.

Pemasangannya disambungkan pada sistem kelistrikan di motor. "Walau begitu kalau mesin motor mati. I-guard masih bisa mengirimkan SMS," ujar pria yang bisa dihubungi di telepon (021) 68837445 sambil merahasiakan resepnya.

I-guard dilego Rp. 1,5 jeti untuk wilayah Jabodetabek. Alat ini hanya mengandalkan pulsa untuk mengirimkan SMS. Karena memakai teknologi GPRS, sifatnya realtime alias waktu saat itu juga. Bisa dipakai kapan dan di mana saja, selama sinyal telepon masih terjangkau.

Penulis/Foto : Tining/Boyo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar