Sabtu, 25 September 2010

PUNYA SENSASI LEBIH

5605tes-megapro-boyo1.jpgSeperti yang pernah Em-Plus janjikan ke sobat semua! Iya, buat kenalan lebih lanjut dengan Honda New MegaPro usai sesi first ride di Sirkuit Gokart Sentul beberapa waktu lalu. Sekarang, waktu dan kondisi enggak membatasi untuk mengenal jauh pacuan yang desainnya menyerupai Honda CB600F Hornet itu.

Sekarang kita leluasa bersua dengan sosok motor sport keluaran terbaru pabrikan lambang sayap tunggal itu. Pacuan yang memiliki ‘lembaran baru’ di line up produk sport Honda di Tanah Air itu kami ajak berlari di Ibu kota.

Tidak sedikit sensasi berbeda ditemukan di besutan yang mengusung teknologi dan desain berbeda ketimbang generasi MegaPro terdahulu. Ya! Dari tampilan dan desain saja sudah bicara!

New MegaPro terkesan lebih futuristik! Dengan fitur spidometer perpaduan digital dan analog, bikin pengendara mudah melakukan pengecekan setiap indikator layar LCD birunya membuat angka terbaca sempurna. So, angka kecepatan dan indikator bensin lebih presisi dengan digital.

Oh ya! New MegaPro juga sudah mengaplikasi sistem kelistrikan model full DC lho. Jadi, begitu kontak di putar ke posisi ON, lampu pun siap dinyalakan tanpa harus menghidupkan engine terlebih dulu. Wah, macam Honda Tiger saja ya?

Belum lagi, suspensi belakang monosok layaknya motor sport zaman sekarang! Selain mendukung tampilan sporty, stabilitasnya juga terjaga dengan satu sok yang mengatur kekerasan dan kelembuatan redaman.

Sepertinya New MegaPro, tak hanya cocok dipakai pria mapan saja! Macam versi sebelumnya yang lebih dominan disukai bapak-bapak. He..he..he... Tapi versi terbaru kali ini, rasanya juga cocok dipakai kaum muda-mudi tuh! Tongkrongan yang diberikan, mendukung tampilan dan aktivitas dong?

Itu yang rider Em-Plus rasakan kala seharian penuh bersama motor yang punya harga jual Rp 19,5 juta (CW) dan Rp 18,3 (jari-jari). Banyak hal menarik bisa diungkapkan kala riding di atas New MegaPro.

Tapi, dengan harga yang ditawarkan itu, pantaskan New MegaPro mengisi garasi rumah sobat? Pantas juga kah motor dengan slogan Real Streetfighter itu menunjang gaya hidup sobat? Bagusnya cari langsung jawabannya lewat tulisan ini!

Wushhh...

46 KM/LITER5606tes-megapro-boyo2.jpg

Tak sedikit teknologi tinggi yang disesuikkan ke New MegaPro demi puaskan konsumen. Salah satunya, peranti canggih di sistem bahan bakar. Meski belum dilengkapi injeksi, tapi karburator pacuan yang punya kapasitas tangki bahan bakar 12 liter ini mengadopsi Throttle Postion Sensor (TPS).

Begitunya TPS, New MegaPro juga mengaplikasi CDI yang memiliki 12 ignition maping. Paduan teknologi ini, dirancang Honda untuk membuat bahan bakar yang efisien juga tenaga powerfull keluar dari engine.

Timing pengapian menyesuaikan bukaan grip gas. Sehingga, bahan bakar yang mengucur sesuai kebutuhan. Teknologi lainnya, terletak di pelatuk klep! Dengan model roller rocker arm, friksi yang terjadi jadi lebih minim. Gitu juga dengan kruk as model bearing yang mampu kurangi gesekan.

Dengan semua teknologi pendukung ini, tak heran jika New MegaPro mampu berlari hingga 46 km untuk seliter Premium di tangki. So, itu artinya sobat kudu menempuh 552 km untuk menghabiskan bahan bakar di tangki. Atau, sembilan hari kemudian baru isi full lagi bensin di tangki jika jarak pergi-pulang kantor sekitar 60 km. Hasil yang tergolong ramah di kantong tuh!

DERU AKSELERASI

5607tes-megapro-boyo3.jpgBiarkan mesin dengan diameter piston 57,3 mm dan langkah 57,8 mm itu bergasing di putaran tinggi. Sebab, power 13,7 dk dan torsi 12,8 Nm yang dihasilkan mesin 149,2 cc itu muntah seiring menggelegarnya suara dari saluran buang. Padahal, dalam keadaan stasioner, suara yang dihasilkan knalpot dan engine tergolong halus lho!

Tenaga pun terasa merata dari putaran bawah hingga atas. Karakter mesin square alias bore x stroke tak berbeda jauh. Untuk capai akselerasi 0–60 km/jam, New MegaPro tembus 4,82 detik dengan jarak 50 meter. Sedang untuk jarak 0–100 meter, catat waktu terbaik yang ditempuh, 72,7 detik.

SAHABAT PERKOTAAN
5608tes-megapro-boyo4.jpg
Keluar dari perkiraan. Riding style New MegaPro tergolong bersahabat. Sasis pola berlian, tak hanya dirasa nyaman untuk turing panjang ke luar kota saja. Tapi juga sigap dipakai berkendara di perkotaan yang sarat kemacetan.

Dengan dimensi 2.050 mm (panjang) x 757 mm (lebar) x 1.075 (tinggi), laju New MegaPro mudah dikontrol. Jarak terendah ke tanah 152 mm dan setang sedikit tinggi, membuat kaki dan tangan tidak banyak keluarkan tenaga buat menerobos kemacetan. Sumbu roda yang 1.133 mm membuat rider dengan tinggi 178 cm dan berat 52 kg lincah meliuk di antara deretan traffic sore hari.

Kemampuan peredam kejut depan dan monosok cukup bagus. Bermanuver di tikungan, lebih percaya diri. Termasuk berkendara di jalan rusak. Suspensi terasa empuk! Jalan bumpy pun, tak masalah buat lingkar roda 17 inci itu.

Penulis/Foto : Eka/Boyo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar