Rabu, 22 September 2010

Punya Special Engine

3490piston-adib.jpgPiston berfungsi untuk memampatkan kompresi dan mengubah energi panas ledakan pembakaran jadi energi gerak. Untuk itu piton dirancang harus tahan kompresi dan ringan.

Untuk mendapatkan piston atau seher yang ringan dan sedikit gesekan, bisa tiru piston spesial engine atau SE 4-tak. Seher yang aslinya untuk motocros itu memang piston racing.

Seperti seher buatan Wiseco Amerika yang dimiliki Asep Robin yang bukan temannya Batman ini. “Aslinya untuk Honda CRF150,” jelas mekanik MT Motor di Jl. Pagarsih, Bandung.

Piston Wiseco yang berukuran 66 mm ada dua macam. “Asli Honda Jepang warnanya seperti aluminium namun ada lapisan teflon. Sedang Wiseco Amerika hitam,” jelas Asep yang pastinya urang Sunda itu.

Seher ini ringan gesekan. Bagian yang bersentuhan dengan permukaan liner silinder dibuat minim. Namun risikonya kompresi kurang padat jika tidak didukung ring seher kuat.

Apalagi piston SE hanya didukung 2 ring. Yaitu ring kompresi dan ring oli. Pantas saja masa pakainya lebih cepat. “Direkomendasi wajib ganti ring seher jika sudah mencapai 60 jam,” jelas Asep yang bisa ditanya soal ini di nomor (022) 6022179.

Penulis/Foto: Aong/Adib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar