Rabu, 22 September 2010

Antara Jupiter-Z dan Vega-ZR

Sudah lebih dari 5 tahun Yamaha Jupiter-Z diluncurkan, sekarang keluar New Jupiter-Z. Generasi dengan spesifikasi baru, tapi nama tetap nyambung dengan Jupiter. Bahkan, spesifikasi mesin dan dimensi New Jupiter-Z berdiri di tengah antara Jupiter-Z dan Vega-ZR.

Dilihat harga pastinya New Jupiter-Z lebih mahal dibanding Jupiter-Z dan Vega-ZR. Lihat harga deh tabel di bawah. “Menawarkan sesuatu yang betul-betul baru dengan segmen berbeda dari Vega-ZR dan Jupiter-Z,” beber Muhammad Masykur, Research & Development Manager PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI).3536motor-baru-yamaha-axl-2.jpg

Spesiifikasi mesin sih enggak ada sesuatu yang baru. Ini dugaan setelah lihat brosur. Pastinya belum belah jeroan secara teliti dibandingkan dengan Vega ZR. New Jupiter-Z punya spesifikasi bore x stroke yaitu 50x57,9 mm. Dihitung dengan rumus volume silinder jadi 113,6 cc.

Diameter dan langkah piston pastinya setali tiga uang dengan Vega-ZR. Tapi, ada keuntungannya seandainya mau bore up jadi 125 cc. Seandainya pakai piston ukuran 52 berarti dapur pacu jadi 122,9 cc. “Dinding silinder masih tebal. Masih aman,” bilang salah satu mekanik yang sedang riset Yamaha Vega-ZR.

3537motor-baru-yamaha-axl-3.jpg“Bagi Yamaha, diameter dan langkah piston seperti itu seimbang untuk performa dan efisiensi bahan bakar,” timpal Masykur yang berkantor di kawasan Cakung, Jakarta Timur.

Enggak bisa dipungkiri New Jupiter-Z yang mengandalkan kapasitas mesin Vega-ZR jadi bebek pertama di atas 112 cc. Sebelumnya Kawasaki Kaze dan Blitz lebih dulu usung dapur pacu 112 cc.

Tapi, New Jupiter-Z dipasok komponen Jupiter. Tujuannya mempermudah penggunanya saat stop di lampu merah. “Enggak semuanya sama dengan Vega-ZR. Mekanisme rotari di perpindahan gigi. Teknologi ini cuma ada di generasi Jupiter-Z,” bilang Masykur yang murah senyum itu.

Sekali lagi deh posisi New Jupiter-Z ada di tengah Vega-ZR dan Jupiter-Z. Bahkan, New Jupiter-Z secara desain sangat kuat untuk golongan anak muda, tapi di satu sisi bisa dijadikan motor keluarga. “Sebenarnya dimensi panjang lebih 5 mm dibanding Vega-ZR. Akan lebih stabil saat menikung kalau bawa boncengan,” bilang Masykur.3538motor-baru-yamaha-axl-4.jpg

Nah, New Jupiter-Z sangat kuat garis desain Jupiter-Z. Garis tajam dan tegas sangat kuat di bodi New Jupiter-Z. Meski kesan sporty sangat kuat, tapi enggak lupa kebutuhan boks di bawah jok ada di Jupiter-Z.

Pastinya dimensi New Jupiter-Z terkesan jauh lebih lebar dibanding Jupiter-Z dan Vega ZR yang cenderung langsing. Mungkin karena ada perubahan desain lampu belakang dan depan. Tail light alias lampu buntut sangat komposisi yang lebar. Bohlam lampu belakang untuk sein kanan-kiri masing-masing ada dua bohlam.

Paling ekstrem di bagian depan. Penerangan dengan flasher light pastinya kendaraan dari arah yang berlawanan bisa melihat lebih jelas. Apalagi cahaya yang datang dari New Jupiter-Z sangat fokus.

Panel informasi kecepatan dan perpindahan kecepatan mengikuti gaya motor sport. Meski dalam satu tempat, di New Jupiter-Z terkesan dipisah antara kecepatan dan petunjuk percepatan. Tingkat keamanan pengendara dipastikan akan lebih dijaga karena panel kecepatan diterangi dengan blue LED. Bukan seperti generasi Jupiter-Z dan Vega ZR yang cukup diterangi bohlam kuning di spidometer.

Sistem pengamanan ganda menambah tingkat keamanan New Jupiter-Z. Seperti tuntutan pengguna Yamaha yang selama ini kuncinya gampang dijebol maling. Lubang kunci akan tertutup otomatis saat kunci dicabut dari lubangnya. Seandainya mau membukanya tinggal menempelkan kepala kunci ke katup pembuka. Di tempat yang sama juga ada tombol yang tinggal ditekan untuk membuka jok.

Ada yang mungkin sedikit tambahan, tapi bisa dibilang hanya sekadar variasi. Tepat di lampu depan dipasang visor. Mungkin penggunaan visor hanya untuk memperkuat kesan sporty di New Jupiter-Z.

LAWANNYA DI 110 CC

3539motor-baru-yamaha-axl-5.jpg"Direncanakan Jupiter-Z akan diskontinyu awal tahun depan. Jadi, nanti di tahun depan generasi New Jupiter-Z akan jadi pengganti 110 cc bebek Yamaha," beber Bambang Asmarabudi, GM Promotion & Motorsport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI).

Tentunya New Jupiter-Z akan tetap bersaing dengan Honda Blade dan Suzuki New Smash. Memang, harga yang ditawarkan New Jupiter-Z bisa bertemu dengan banderol Blade, tapi New Jupiter-Z jauh lebih mahal sekitar Rp 900 ribu dibanding Blade.

Memang, keunggulan New Jupiter-Z ada pada teknologi fitur. Ya, seperti di lampu depan-belakang dan panel spidometer. Bicara mesin teknologi Blade dan New Jupiter-Z sejajar, tapi Jupiter-Z sedikit lebih unggul di volume silinder.

TETAP MENGGUNAKAN JUPITER-Z

Berakhirnya era Jupiter-Z di line produksi pabrikan Yamaha di Indonesia bukan persoalan buat kegiatan motorsport tim balap pabrikan. Pastinya enggak ada yang perlu dikhawatirkan dengan peralihat generasi dari Jupiter-Z ke New Jupiter-Z. Artinya, tahun depan tetap akan kelihatan Jupiter-Z ditunggangi di kejurnas road race.

"Belum ada kewajiban mutlak tim balap yang disupport Yamaha untuk pakai New Jupiter-Z. Tapi, riset akan tetap jalan terus untuk New Jupiter-Z," jelas Bambang Asmarabudi, GM Promotion & Motorsport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI).

Mungkin bisa berkaca dari Suzuki. Saat Suzuki Shogun sedang jaya penjualannya dan di road race nasional, eh keluar Suzuki Smash. Secara cepat tim setengah diwajibkan menggunakan Smash, tapi hasilnya kembali merangkak dari nol.

Penulis/Foto : Niko/Herry Axl

Tidak ada komentar:

Posting Komentar