Rabu, 22 September 2010

Style Lebih Diutamakan

539501.jpgPembaca masih ingat dong sama tongkrongan Yamaha Byson 150 yang sempat kejepret awak Em-Plus pertengahan tahun lalu. Nah, motor sport cruiser ini direncanakan sudah siap diperkenalkan ke khalayak. Penasaran dong.

Bukan Em-Plus kalau gak Lebih Tahu dan Tahu Lebih. Tunggangan berslogan ‘The Real Streetfighter’ ini memang masih dalam tahap perkenalan dan belum dijual ke pasaran. Namun hadirnya produk baru ini diperkirakan akan melengkapi varian sport Yamaha yang sudah ada, di antaranya Scorpio dan V-ixion.

“Yamaha Scorpio itu lebih mengutaman ke performa. Lalu V-ixion selain performa juga teknologi barunya. Sedangkan Byson 150 lebih kepada tampilan luar tanpa mengurangi perfoma mesin yang memiliki kapasitas silinder 153 cc SOHC hasil dari diameter seher 58,0 mm dan stroke 57,9 mm,” jelas sumber terpercaya Em-Plus yang tentunya dari PT Yamaha Motot Kencana Indonesia (YMKI).539602.jpg

Untuk lebih detail, Byson yang kental dengan tampilan streetfighter ini juga lebih memanjakan fitur. Bahkan sasis secara keseluruhan diracik dan diseting berbeda dari generasi yang sudah ada. Bisa dilihat dari bentuk kondom tangki yang didesain lberotot khas dengan binatang aslinya. Pelindung tangki dapat dipisah terhubung dengan cover rangka ala cradle yang masih segaris dengan tutup rangka samping hingga ke buritan.

Racikan tangki berotot pun ikut diimbangi setang ekstra lebar yang sepadan dengan design headlamp ala diamond. Dan untuk memudahkan mengkontrol kecepatan dan fitur di panel spidometer, motor dengan perbandingan kompresi 9,5 : 1 itu juga sudah dilengkapi spidometer yang full LCD.

Selain ada takometer, juga ikut ditampilkan ampere bensin digital, trip meter dan fitur indikatar lampu pada umumnya. Di panel spidometar full LCD yang pertama ada di motor, juga dilengkapi lampu engine trouble warning tepat di pojok sebelah kanan.

“Tugas lampu ini memberi sinyal ke pengendara apabila ada masalah di TPS atau Throthle Position System yang terdapat pada karbu vakum buatan Mikuni jenis BS26. Sehingga komposisi campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar selalu tetap terjaga,” lanjut sumber Em-Plus itu lagi.

Mendukung fitur yang ada, desain pada kaki-kaki Byson pun menyesuaikan. Tampak pada penerapan sokbreker depan yang memiliki diameter pipa teleskopik 41 mm, yang kabarnya paling besar di kelasnya. Dan untuk menghentikan laju roda depan, diameter cakram pun diperbesar hingga ukuran 267 mm.

Tidak ketingalan kaki belakang yang mengusung peredam kejut tipe monosok. Selain handling lebih maksimal, peranti ini juga sudah bisa disetel. Bahkan tingkat kekerasan bisa diatur atau disesuaikan dalam beberapa tahapan dan bukan cuma dua macam setingan keras atau empuk.

Lantas mesin didukung rocker roller arm, mampu menghasilkan daya 10,1 kW/7.500 rpm dan torsi 13,6 N.m/6.000 rpm. Apalagi tunggangan berpendingin udara juga ditopang YRCS (Yamaha Ram-Air Cooling System), di mana arah angin dari depan langsung ditangkap corong untuk mendinginkan silinder.

Mesin menggunakan knalpot ramah lingkungan dengan sebutan midship muffler.

Penulis/Foto : Belo/Dok. MOTOR Plus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar