Selasa, 02 November 2010

SKEP NYANGKUT DI TENGAH

596801.jpgFeriandi pernah dibuat bingung. Yamaha Nouvo hariannya kerap mogok di jalanan. Gejalanya dimulai dari ngerem mendadak, dan begitu mau maju lagi tenaga mesin langsung drop dan mogok.

Gejala yang dialami seperti kehabisan bensin. Begitu gas dibejek timbul suara batuk-batuk dari mesin. Juga diiringi dengan suara tembakan dari knalpot. Dor..dor..dor..

Awalnya dikira karena busi yang mulai lemah. “Begitu ganti busi dan cek apinya masih ada. Namun motor tidak mau hidup juga,” jelas Feri yang tinggal di Mampang, Jakarta Selatan itu.

Karena busi masih bagus, pencarian masalah mogok dilanjut pada suplai bensin. Dimulai dari slang bensin yang menuju karburator dilepas. Kemudian slang vakum disedot pakai mulut. Bensin ngocor menandakan suplai bahan bakar tidak ada masalah. Karena penasaran coba isi bensin lagi. Namun tetap saja tidak mau hidup. Bingung, kan?596902.jpg

Analisisnya dari karburator yang kotor. Coba karburator dibersihkan pakai bantuan angin kompresor. Mesin mau hidup dan bisa jalan untuk sementara waktu. Gejala mogok timbul kembali.

Penasaran barangkali tangki kotor. Akhirnya dikuras sampai abis. Segala kotoran bersih. Saking kesalnya, tutup tangki dibor sedikit. Untuk jalur pernapasan. “Barangkali terjadi kevakuman di tangki bensin. Jadinya bensin tidak mau turun,” analisis Feri yang mantan mekanik Kymco itu.

Meski tangki sudah bersih dan lubang nafasnya sudah normal namun tetap saja kerap mogok. Praduga macam-macam timbul. Jangan-jangan koil atau CDI yang memang lemah.

Tapi dilihat dari gejalanya seperti kurang bensin. Sebelum mogok, motor batuk-batuk dan juga terjadi ledakan di knalpot. Seperti campuran bensin-udara kekeringan. Lebih banyak udara.

Tanpa disengaja akhirnya ketemu. Karena sering mogok dan kerap bongkar-pasang karburator lama-lama ketahuan. “Taunya skep karbu nyangkut di tengah venturi,” jelas Feri kesal.

Gejalanya beda dengan skep nyangkut di karburator biasa. Karbu zaman dulu kalau skep nyangkut di tengah, mesin teriak terus. “Di karbu vakum, mesin malah tidak mau hidup,” tegas Feri.

Kalau diteliti, jika skep nyangkut suplai udara sangat besar. Begitu gas ditarik, gejalanya seperti kekurangan bensin. Akibatnya timbul suara nembak.

Solusinya supaya skep tidak nyangkut di tengah kudu dibersihkan. Jangan menggunakan ampelas kasar. Cukup gunakan kompon atau pembersih bodi motor. Semacam produk Kit yang kuning itu. Pakai bantuan kain untuk menggosok agar skep tidak luka.

Penulis/Foto : Aong/Yudi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar