Selasa, 02 November 2010

SEKADAR PATOKAN AGAR SIAP

5913biker-dan-hujan-adib-1.jpgDulu kalau ada bulan akhirannya ber... ber... berarti musim hujan. Selebihnya, ya kemarau. Indonesia cuma ada 2 musim itu dan relatif ada kepastian. Tapi kini, cuaca sudah tidak menentu dan sulit diprediksi.

Rihbudiyanto kasubdit cuaca ekstrem BMKG di berbagai media massa bilang kalau cuaca sekarang memang ekstrem dan tak menentu. Dampak dari topan Lanila masih terasa sampai 2011 mendatang.

Tuh makanya sekarang ini hujan sulit diprediksi hingga motoris harus jeli juga membaca tanda alam. Walau tak sepenuhnya akurat, nggak ada salahnya tahu agar dapat gambaran.5914biker-dan-hujan-adib-2.jpg

Simak visual matahari saat terbenam (barat) dan terbit (timur). Jika melihat cahaya merah saat mentari terbenam dan berpendar di langit berarti adanya udara bertekanan tinggi yang mengumpulkan debu. Arus udara biasanya bergerak dari barat ke timur, maka kesimpulannya udara kering sedang menuju kita.

Sebaliknya jika melihat cahaya merah saat mentari terbit (timur) berarti udara kering sudah lewat diikuti udara bertekanan rendah yang membawa udara lembab.

Sayang, brothers di kota besar jarang melihat pelangi karena polusi udara. Tapi jika kebetulan melihat pelangi di barat artinya cahaya matahari mengenai udara lembab, artinya hujan akan datang. Nah, jka melihat pelangi di timur berarti hujan telah lewat dan hari cerah dan terik akan menemani brothers semua.

“Harus jeli membaca situasi di jalan. Ingat hambatan sebenarnya ada di dalam pikiran kita,” jelas Jefrey Polnaja, peturing ke-72 Negara.

Menurut Jeffrey coba kuatkan indera tubuh! Misalnya penciuman. Jika bunga, tumbuhan, bau tanah dan aroma tumbuh terasa kuat, berarti udara sedang bertekanan rendah dan lembab sebagai ciri datangnya hujan.

Setelah angin dan aroma udara, bolehlah menengok ke atas untuk memperhatikan awan. Perhatikan pergerakan awan berbeda arah. Satu lapis misalnya dari Utara ke Selatan satu lapis lagi dari dari Timur ke Barat. Ini pertanda cuaca buruk akan datang.

Saat pagi ada awan tebal, kemungkinan cuaca buruk akan menghadang. Jika terlihat awan berbentuk pita di langit artinya hampir sama, akan ada cuaca buruk di 36 jam ke depan.

Binatang pun bisa memberikan pertanda. Lihat! jika sekumpulan burung terbang tinggi, artinya cuaca akan cerah. Alasannya, jika tekanan udara menurun, burung akan terbang rendah. Bagi yang tinggal di pesisir pantai, burung Camar berhenti terbang dan berlindung di pantai berarti badai akan datang.

Brother juga bisa melihat perilaku hewan ternak. Sapi misalnya, cenderung berbaring dan berkumpul dengan sesamanya sebelum cuaca buruk atau badai datang. Kucing juga layak disimak. Binatang ini suka menggaruk belakang telinganya sebelum hujan turun. Nah coba deh lebih teliti membaca gejala alam.

Penulis/Foto : Isf@n/Adib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar