Rabu, 10 November 2010

Obatnya Rajin Mandi

1310kesehatan---endro-1.jpgPengguna motor pastinya bersahabat dengan panas dan keringat. Apalagi buat pengendara tinggal di daerah tropis seperti Indonesia. Karena selama berkendara, badan tertutup rapat. Sehingga mengakibatkan banyak keringat keluar dan bikin kulit lembab. Kalau tidak bersih, bisa mengakibatkan tumbuh jamur di bagian tertentu tang tertutup rapat.

“Jamur tumbuh di badan dikatagorikan dari tempat tumbuhnya,” buka dr. Hannah K.M. Damar Sp.KK, spesialis kulit dan kelamin dari Semanggi Specialist Clinic, Plaza Semanggi, Jakarta Pusat.

Di bagian kulit kepala tertutup rapat helm bisa disebut kurap. Itu diakibatkan jamur microsporum atau trichophyton. Cirinya, ruam merah bersisik, gatal, dan rambut mudah patah atau rontok. Akibatnya timbul botak.1311kesehatan-dr.-hannah-k.jpg

Pada punggung dan dada yang tertutup jaket termasuk infeksi jamur ringan. “Solusinya, rajin mandi, bersihkan badan dan bagian yang sering keluar keringat pakai sabun mandi,” wanti dokter Hannah.

Selain di badan, jamur juga bisa menyerang kuku serta sela jari-jari, terutama di kaki. Karena bagian ini termasuk bagian yang subur untuk tumbuhnya jamur kurap. Jamur yang menyerang bagian kuku bisa mengakibatkan kelainan bentuk kuku dan kuku tumbuh tebal serta kusam.

“Kalau sudah parah kuku bisa lepas,” papar dokter ramah ini. Pengobatannya selain menjaga tetap kering, pakai krim penghilang jamur.

Di bagian kulit kepala solusinya tentu rajin keramas. “Kalau rambut masih lembab, jangan langsung ditutup helm. Biarkan kering dulu. Kain bagian dalam helm pun harus rajin diangin-anginkan. Juga perlu dicuci teratur. Sehingga tidak lembab,” wanti dokter yang sempat jadi foxy lady saat menempuh strata satu di Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah ini.

Penulis/Foto : Tining/Endro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar