Selasa, 16 November 2010

GAUL DAN RAMAH

5977tvshybrid1.jpgGlobal warming sudah menjadi isu hangat. Juga paling banyak dibicarakan oleh dunia industri saat ini. Begitu juga halnya dengan para produsen otomotif. Menyadari bahwa sektor otomotif menjadi salah satu penyumbang polusi. Termasuk produsen motor TVS asal India, mencoba menciptakan konsep motor ramah lingkungan. Pilihannya adalah dengan aplikasi mesin hybrid.

Produk gaul yang masih dalam taraf konsep ini diberi nama Qube 2.0. Dari daftar uji emisi yang dirilis TVS, sejumlah racun yang dikeluarkannya jauh berkurang dibandingkan 5978tvshybrid2.jpgmotor biasa. Misalnya saja untuk C02, berhasil dikurangi 30% pada kapasitas mesin yang sama.

Sementara itu HC dan NOx juga turun drastis. Klaimnya, berhasil didapat penurunan hingga 25%. Bukan hanya itu, mengenai pengiritan bahan bakar tentuunya juga ikut terjadi. "Bisa didapat efisiensi bahan bakar hingga 30%," klaim Pramod V. Kulkarni selaku Head of Engineering R&D, PT TMCI.

Tentu saja semua itu bisa dicapai karena sistem hybrid tadi. Motor ini menggunakan dua cara pengoperasionalan. Menggunakan bahan bakar bensin biasa dan juga baterai.

5979tvshybrid3.jpg"Untuk menjalankan motor ini ada beberapa pilihan," beber Pramod sambil menjelaskan maksudnya. Pilihan adalah hanya bensin, hanya baterai dan hybrid economy.

Sementara yang dimaksud hybrid economy adalah sistem bensin akan bekerja ketika motor melaju di atas 25 km/jam. Sedangkan jika lebih lambat dari kecepatan itu, akan berpindah ke sistem baterai.

"Artinya antara bensin dan baterai itu berfungsi sesuai kecepatan kendaraan," tambahnya. Petunjuk mengenai kondisi itu akan ditampilkan di layar semacam panel spidometer yang nemplok di setang. Selain itu juga bisa diatur perpindahannya menggunakan switch starter.5980tvshybrid4.jpg

Kapasitas mesin sendiri memang tidak terlalu besar. Dengan menggunakan perbandingan bore dan stroke 51 mm x 43 mm, didapat angka 87,8 cc. Sedangkan untuk bahan bakar, cukup menggunakan bensin biasa. Baterai akan otomatis dicarge oleh kelistrikan mesin itu sendiri.

Secara desain, tampilannya cukup unik atau bisa juga dibilang lucu. Dengan menggunakan roda berdiameter 10 inci memang terlihat kecil. Tapi, jika perhatikan model jok, sepertinya dimungkinkan untuk berboncengan.

Namun ada batasan berat maksimal yang sudah dipatok di 120 kg. Artinya kalau berlebihan, bakalan bisa menjerit juga nih motor. Juga bagi yang doyan ngebut memang rasanya tidak akan puas.

DATA SPESIFIKASI

Power : 800 W
Torque : 13 Nm
Tipe betarai : Li-Ion /VRLA
Kapasitas : 48V 10Ah/ 48V 12Ah
Transmisi : Rantai
Wheel base : 1.230 mm
Panjang : 1.735 mm
Tinggi : 657 mm
Gerat : 114 kg
Ground clearance: 135 mm

Penulis/Foto : Nurfil/Endro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar