Rabu, 10 November 2010

Perawatan Cepat Hindari Belang

5152luka-knalpot-dvd-1.jpgTersaput panas knalpot bisa jadi pernah dialami oleh sebagian besar pengendara. Bagi yang telah mengalaminya pasti akan meninggalkan bekas di kulit kaki. Kulit yang semula putih muyus jadi belang. Sebenarnya jika perawatan dari awal sejak terkena panas knalpot sudah dilakukan, tentu akan meminimalkan
belang pada kulit.

Sebenarnya luka bakar itu terdiri dari beberapa tingkat. Tingkatan untuk yang tersaput knalpot tergolong rendah. Tidak seperti, tersiram air panas yang umumnya mengambil wilayah luka yang cukup lebar. Untuk menentukan keparahan luka akibat benda panas bisa dilihat luka bakar ada bullanya atau tidak. Bulla itu semacam kulit yang melepuh berisi cairan.

Kalau yang terjadi kulit melepuh berisi cairan, jangan sesekali dipecah. “Karena akan menimbulkan infeksi sekunder,” jelas dr. Irfan Arifahmi, dokter yang juga anggota komunitas motor ini.

Menurut dr. Irfan lagi, kalau sudah pecah, perawatan luka bisa diobati dengan obat yang mengandung topical antibiotic. Topical antibiotik adalah salep obat yang digunakan untuk mengobati agar tidak infeksi dan lukanya tidak tambah lebar dan juga cepat kering.5153dr.irfan-gt.jpg

Biasanya diberikan salep Gentamycin Sulfate, Neomycin Sulfate, Tetracycline HCl. Kalau sebut merek bisa Bioplacenton (Neomycin), Burnazin (Sulfadiazine), Garamycin (Gentamycine), Terramycin Poly Topical (oxytetracycline).

Neomycin Sulphate adalah bahan aktif yang digunakan sebagai antibiotik. Berfungsi untuk mencegah terjadinya infeksi, inflamasi atau peradangan dan mencegah luka tidak melebar. Topikal antibiotik memang banyak digunakan untuk luka bakar dan kondisi kulit lainnya yang bermasalah.

Sementara ekstrak placenton digunakan untuk memberikan kenyamanan pada permukaan kulit. Kulit yang luka juga memerlukan perawatan untuk dapat kembali ke keadaan semula, “Jadi fungsinya memang untuk meregenerasi kulit sehingga luka tidak meninggalkan bekas,” jelas dr. Irfan.

Untuk pemakaian, dianjurkan sehari tiga kali, yakni pagi dan sore setelah mandi, dan sekali pas mau tidur. Sebisanya luka jangan kena air apapun. Sebab, malah jadi infeksi.

Luka ditutup atau tidak, itu tergantung derajat luka bakarnya, dan ini harus dinilai oleh dokter dengan cara melihat langsung. Sebaiknya juga tidak usah lagi pakai Betadine. Itu karena Betadine justru akan ‘membakar’ sel kulit baru yang mau tumbuh dengan efek disinfektan yang dimilikinya.

LUKA LAMA

Setelah luka menunjukkan tanda kesembuhan dan luka sudah mulai mengering, sekarang waktunya meregenerasi kulit agar kembali seperti semula. Caranya, bisa diobati dengan pemberian vitamin E untuk regenerasi kulit. Ya, seperti pemakaian lotion yang mengandung vaseline dan moisturizer.

Untuk luka yang sudah lama karena ‘salah’ perawatan dari awal memang agak susah hilang. Itu karena menurut Irfan, sudah terbentuk jaringan kulit yang bersifat permanen. Yang banyak dilakukan oleh biker yang telah mengalami luka bekas knalpot adalah dengan memberikan lotion pada kulit . “Ini bisa mengurangi bekas luka belangnya. Tapi tetap masih kelihatan juga secara samar,” bilang Gusti Fahmi, salah seorang pengendara wanita yang pernah mengalami luka bakar akibat dicium knalpot.

Penulis/Foto : Hend/David, Dok. MOTOR Plus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar