Minggu, 26 September 2010

Singkirkan Potensi Bahaya!

TAS SELEMPANG
 
 
Banyak pengendara dengan santai membawa tas saat geber motor. Entah tas selempang, ransel atau jenis tas gaul lain. "Itu tidak dibenarkan. Semua barang termasuk tas lebih tepat masuk bagasi. Selain mengganggu, beban tas juga berpengaruh pada keseimbangan pengendara. Akibatnya saat manuver mendadak tidak stabil," terang Dyan yang juga pembalap Supersports 600 cc.
    
Bahaya dari tas bukan hanya bagi pengendara itu sendiri. Tapi juga bikers lain. Contoh, seperti pengalaman Riza Boris, 3 tahun silam. Seperti diutarakannya di milis HTML. Doi terjerembab saat seorang bikers lain yang tas kerjanya nyangkut di spion Riza. Tuh, terbukti bukan hanya membahayakan diri sendiri, kan?
 
CELANA DAN KAIN
 
Secara safety, bikers musti memiliki kemudahaan manuver. Makanya, berbagai jenis celana atau kain yang dipakai harusnya memenuhi aspek itu. "Kalau celana atau kain yang mengganggu manuver tentu tidak direkomendasi," terang Dyan.
    
Misal celana panjang yang lingkar bawahnya terlalu besar. Model celana begitu rentan nyangkut di footstep atau di kick-starter. Enggak lucu kalau mau berhenti tiba-tiba gedubrak, karena kaki nyangkut.
 
SEPATU HAK TINGGI
 
 
Ini juga bukan pilihan benar. Mending ngalahin bawa sepatu dua kalau mau ngantor. "Daripada mengorbankan kenyamanan dan keamanan berkendara. Repot sedikit tidak masalah," terang Dyan.
 
Sumber : Motor Plus Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar