Rabu, 22 September 2010

Function Follow Design

3131hal16_lampuinte1.jpgPernah teliti memperhatikan besutan ente? Ya, terutama yang memiliki lampu belakang terpisah dari bodi samping. Maksudnya, lampu belakang itu tak lagi diselubungi bodi samping kiri dan kanan. Bahkan, tak memiliki bagian penutup atas. Ya, macam di Honda Vario CBS Techno atau BeAT dan juga Honda Blade 110R.

Sebenarnya apa sih fungsinya? Apa sekadar tren atau memang ada fungsi tertentu. "Sebenarnya itu cenderung ke estetika atau desain. Tidak berpengaruh pada kondisi tertentu," ujar Alex Batubara, Product Planing Manager Marketing Group, Honda R&D South East Asia (HRS) Indonesia.3132hal16_lampuinte2.jpg

Hal senanda juga dikatakan Sarwono Edhi. "Bisa dikatakan function follow design. Insyinyur tinggal mengikuti kemauan orang desain. Nantinya, desain itu disempurnakan lagi fungsinya," ujar pria yang menjabat Technical Service Divison PT Astra Honda Motor (AHM).

Secara logika, ada kelebihan yang bisa dibawa lampu model integrated itu. Yakni, terhadap getaran. Karena lampu cenderung tak berhubungan langsung dengan bodi samping, makanya getaran jadi sedikit minim.

"Terlebih lampu seperti ini juga memiliki rubber atau karet yang mampu meredam maksimal dari getaran. Sehingga, getaran yang dihasilkan lebih minim," ungkap Edhi yang berkacamata itu.

Penulis/Foto : Eka/Herry Axl

Tidak ada komentar:

Posting Komentar