Minggu, 26 September 2010

Rampok Tas Merengut Nyawa

Rabu (12/9) lalu jadi hari yang tidak bisa dilupakan Irwan Fatikawa. Eka Irawati (21), istri tercintanya meninggal dunia setelah terjatuh dari motor. Ketika itu Ira berusaha melawan pencopet yang ingin merampas tas yang dikepit di tangannya.

Saat itu Irwan hendak silaturahmi ke rumah orang tua Ira di Karawaci, Tangerang. Sampai di Jl. Pemuda, Tigaraksa, Tangerang. “Tanpa dinyana dari belakang dua orang mengendarai motor sport langsung menyerobot tas Ira. Karena tali tas kencang di pundak, Ira terjengkang hingga kepalanya menghantam aspal. Isi tas berantakan di jalan,” sedih pria yang tracker itu.

Saat terjengkang Ira masih dalam kondisi memegangi putra semata wayangnya, Raihan Juan Ramadhan (1). Begitu sang istri terjatuh, Irwan langsung dan segera pinggirkan motor.
“Perampok itu sepertinya hendak mengambil sesuatu. Mungkin tas istri yang isinya masih berceceran di jalan atau mungkin mau ambil motor. Saya langsung teriak. Untung ada motor lewat, perampok langsung ketakutan dan kabur,” kenang Irwan.

Setelah itu, Ira langsung dibawa ke rumah sakit Husada Insani. Dokter mendiagnosis, pembuluh darah Ira pecah sehingga tidak bisa diselamatkan.

“Memang jalan wilayah itu dikenal rawan pencopetan. “Sehari sesudah kejadian, seorang perawat juga diambil paksa tasnya saat berkendara malam. Buat yang biasa melintasi jalan itu terutama malam hari harus hati-hati,” pesan Irwan.

TIPS MENGHINDARI
Peristiwa dialami Irwan sekeluarga memang bukan yang terakhir. Untuk itu, pengendara mesti ekstra hati-hati. Sinyalemen makin maraknya kejahatan ini juga diungkapan Kombes Carlo Brix Tewu. “Penjahat makin berani dan pintar. Pengguna jalan harus selalu waspada,” pesan Direktur Reskrim Polda Metro Jaya.
    
Dicky Setiawan, pembalap yang sempat dijuluki Jambret ngasih saran. Jangan pernah duduk menyamping. Posisi ini berbahaya jika tas dijambret. “Keseimbangannya kurang. Tas ditarik badan mudah jatuh,” ulas Dicky yang juga manajer dan pemilik tim Suzuki Dick’s Jateng, Solo.

Sebaiknya pakai tas dimasukkan ke dalam jaket. Pilihan bahan tas juga penting. Supaya aman cari tas yang mudah sobek jika ditarik. Tentunya juga, tas jangan diisi barang berharga.

Terakhir saran dari MOTOR Plus yang langganan jadi pembicara dan instruktur safety riding. Jangan bawa barang banyak apalagi berharga saat berkendara malam. Terlebih jika mengetahui akan melintas daerah atau kawasan rawan. Paling aman dan nyaman ya pakai ekstra bagasi.

Kalau tidak terpaksa, baiknya tidak bonceng anak kecil di atas motor. Ini yang paling sering diabaikan pengendara.

Sumber : Motor Plus Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar