Minggu, 26 September 2010

Gigi Saat Macet di Hujan

Berkendara di hujan, enggak usah berpikir cepat sampai tujuan. Tapi, camkan dalam tempurung kepala yang penting selamat sampai tujuan. Tujuannya sama teknik mengendalikan motor waktu aspal jalanan direndam guyuran air dari langit.

Salah satu cara untuk bisa dengan mudah bin gampang mengkontrol kuda besi adalah paham sama karakter mesin. Terutama putaran mesin saat gas dibuka yang menghasilkan tenaga.
    
Selain basah, tentunya waktu hujan berjam-jam jalan macet. Mesin dipaksa melakukan stop n go. Buka gas, rem, buka gas lagi. “Kondisi seperti ini akan aman kalau teknik mengendara bagus,” ujar Anggono Iriawan, Safety Riding Instructur, PT Astra Honda Motor (AHM).
   
Posisi gigi yang ideal waktu jalanan stop n go ada di gigi 1. Gigi 1 terasa banget momen puntir alias torsi kalau gas dibuka mendadak. Motor akan menghentak. Tapi awas aspal yang basah bikin stabilitas berkurang.
    
Tambahan lagi, rem ditekan karena motor nyelonong dari arah berlainan. Namanya juga macet, pastinya penunggang motor ogah ikut antre manis bareng roda empat. Selap-selip di antara mobil sudah jadi pemandangan biasa. Ada celah diokit, langsung sikat. Wus...wus...!  
    
Kalau enggak diantisipasi dengan teknik menekuk setang yang kurang baik, pengendara kemungkinan lepas kontrol. Plus pengereman mendadak dan ban enggak sempurna mencakar aspal.

“Mending tahu diri. Kalau teknik mengendaranya pas-pasan, ya pakai gigi tinggi aja,” pesan Anggono, instruktur AHM yang langganan menimba ilmu Safety Riding di Honda Motor Company, Jepang. Di sana diajarkan teknik berbagai motor, dari cc kecil sampai 1.000 cc. Termasuk menggunakan SE.

Seandainya masih menggunakan gigi 1, mainkan irama bukaan gas supaya tenaga yang dirasakan ke badan enggak ngagetin. Buka gas seperti diurut. Mengerem pun harus imbang antara rem depan dan belakang. Biar motor tetap stabil, ngerem pun jangan dikagetin.
Tentu yang perlu diingat lagi adalah tahu kalau perjalanan di saat hujan itu melelahkan. Ambil jalan aman
aja. Bisa menggunakan gigi 2 supaya hentakan lembut. Tidak kejam seperti jika menggunakan gigi 1. Meski mesin sedikit teriak waktu gas dibuka. Tinggal pilih!

Posted at 03:48 pm by royaje

Tidak ada komentar:

Posting Komentar