Memilih skubek juga harus memikirkan jangka panjangnya. Jadi, tidak melulu murah di awal dan mahal belakangan.
Kalau di skubek, harga komponen daleman CVT yang bisa dibandingkan. Sebab, biasanya pemilik motor matik bakal berteriak ketika komponen CVT harus diganti. Teriak minta tolong karena harganya lumayan tinggi.
Supaya lengkap mari bandingkan banderol komponen fast dan slow moving. Part fast moving kemampuannya sangat terbatas pada jarak tempuh atau pemakain yang lebih cepat. Seperti contoh roller atau v-belt yang disarankan harus lakukan penggantian setiap tunggangan sudah menempuh jarak 10.000 km atau lebih 1 tahun.
Selain itu kudu lihat harga komponen slow moving. Kerusakan part terlacak dari tingkat keausan yang menyebabkan perubahan bentuk. Ya, misalnya rumah roller bakal lebih lama diganti baru ketimbang rollernya sendiri. Sebab memang kondisi dan kemampuan komponen yang dirancang tahan gesek juga tekanan.
Selain itu wajib tahu juga daleman CVT yang bisa saling tukar antar merek motor. Contoh kampas kopling. Kampas kopling ganda milik Honda BeAT. Banyak dipakai untuk merek lain.
Banyak pemilik Mio pasang kampas kopling BeAT. Alasannya karena lebih awet dan bagus untuk akselerasi karena lebih panjang,” ungkap Sugeng dari Cineng Motor di Batas, Kreo, Ciledug, Tangerang.
Selain lebih kuat, harga kampas kopling BeAT juga lebih murah. Kalau tidak percaya, lihat saja harganya di tabel atas. Lengkap kan?
KAMPAS KOPLING
Honda Vario : Rp 220.000
Honda BeAT : Rp 110.000
Honda Scoopy : Rp 110.000
Suzuki Spin 125 : Rp 225.000
Suzuki Skydrive 125 : Rp 225.000
Suzuki Skywave 125 : Rp 225.000
Yamaha Mio : Rp 233.000
Yamaha Nouvo : Rp 312.000
Yamaha Xeon 125 : Rp 209.000
GIGI RASIO
Honda Vario : Rp 149.000
Honda BeAT : Rp 149.000
Honda Scoopy : Rp 149.000
Suzuki Spin 125 : Rp 176.800
Suzuki Skydrive 125 : Rp 140.800
Suzuki Skywave 125 : Rp 140.800
Yamaha Mio : Rp 153.000
Yamaha Nouvo : Rp 243.000
RUMAH ROLLER
Honda Vario : Rp 60.000
Honda BeAT : Rp 54.000
Honda Scoopy : Rp 54.000
Suzuki Spin 125 : Rp 105.000
Suzuki Skydrive 125 : Rp 105.000
Suzuki Skywave 125 : Rp 105.000
Yamaha Mio : Rp 57.000
Yamaha Nouvo : Rp 57.000
Yamaha Xeon 125 : Rp 60.000
PER CVT
Honda Vario : Rp 19.000
Honda BeAT : Rp 22.500
Honda Scoopy : Rp 22.500
Suzuki Spin 125 : Rp 12.800
Suzuki Skydrive 125 : Rp 12.800
Suzuki Skywave 125 : Rp 12.800
Yamaha Mio : Rp 39.000
Yamaha Nouvo : Rp 66.000
Yamaha Xeon 125 : Rp 22.000
PULI KIPAS
Honda Vario : Rp 161.000
Honda BeAT : Rp 110.000
Honda Scoopy : Rp 110.000
Suzuki Spin 125 : Rp 55.000
Suzuki Skydrive 125 : Rp 55.000
Suzuki Skywave 125 : Rp 55.000
Yamaha Mio : Rp 18.000
Yamaha Nouvo : Rp 21.000
Yamaha Xeon 125 : Rp 19.000
MANGKUK KOPLING
Honda Vario : Rp 90.000
Honda BeAT : Rp 70.000
Honda Scoopy : Rp 70.000
Suzuki Spin 125 : Rp 82.000
Suzuki Skydrive 125 : Rp 82.000
Suzuki Skywave 125 : Rp 82.000
Yamaha Mio : Rp 165.000
Yamaha Nouvo : Rp 277.000
Yamaha Xeon 125 : Rp 86.000
Penulis/Foto : Eka, Kris/GT
Kalau di skubek, harga komponen daleman CVT yang bisa dibandingkan. Sebab, biasanya pemilik motor matik bakal berteriak ketika komponen CVT harus diganti. Teriak minta tolong karena harganya lumayan tinggi.
Supaya lengkap mari bandingkan banderol komponen fast dan slow moving. Part fast moving kemampuannya sangat terbatas pada jarak tempuh atau pemakain yang lebih cepat. Seperti contoh roller atau v-belt yang disarankan harus lakukan penggantian setiap tunggangan sudah menempuh jarak 10.000 km atau lebih 1 tahun.
Selain itu kudu lihat harga komponen slow moving. Kerusakan part terlacak dari tingkat keausan yang menyebabkan perubahan bentuk. Ya, misalnya rumah roller bakal lebih lama diganti baru ketimbang rollernya sendiri. Sebab memang kondisi dan kemampuan komponen yang dirancang tahan gesek juga tekanan.
Selain itu wajib tahu juga daleman CVT yang bisa saling tukar antar merek motor. Contoh kampas kopling. Kampas kopling ganda milik Honda BeAT. Banyak dipakai untuk merek lain.
Banyak pemilik Mio pasang kampas kopling BeAT. Alasannya karena lebih awet dan bagus untuk akselerasi karena lebih panjang,” ungkap Sugeng dari Cineng Motor di Batas, Kreo, Ciledug, Tangerang.
Selain lebih kuat, harga kampas kopling BeAT juga lebih murah. Kalau tidak percaya, lihat saja harganya di tabel atas. Lengkap kan?
KAMPAS KOPLING
Honda Vario : Rp 220.000
Honda BeAT : Rp 110.000
Honda Scoopy : Rp 110.000
Suzuki Spin 125 : Rp 225.000
Suzuki Skydrive 125 : Rp 225.000
Suzuki Skywave 125 : Rp 225.000
Yamaha Mio : Rp 233.000
Yamaha Nouvo : Rp 312.000
Yamaha Xeon 125 : Rp 209.000
GIGI RASIO
Honda Vario : Rp 149.000
Honda BeAT : Rp 149.000
Honda Scoopy : Rp 149.000
Suzuki Spin 125 : Rp 176.800
Suzuki Skydrive 125 : Rp 140.800
Suzuki Skywave 125 : Rp 140.800
Yamaha Mio : Rp 153.000
Yamaha Nouvo : Rp 243.000
RUMAH ROLLER
Honda Vario : Rp 60.000
Honda BeAT : Rp 54.000
Honda Scoopy : Rp 54.000
Suzuki Spin 125 : Rp 105.000
Suzuki Skydrive 125 : Rp 105.000
Suzuki Skywave 125 : Rp 105.000
Yamaha Mio : Rp 57.000
Yamaha Nouvo : Rp 57.000
Yamaha Xeon 125 : Rp 60.000
PER CVT
Honda Vario : Rp 19.000
Honda BeAT : Rp 22.500
Honda Scoopy : Rp 22.500
Suzuki Spin 125 : Rp 12.800
Suzuki Skydrive 125 : Rp 12.800
Suzuki Skywave 125 : Rp 12.800
Yamaha Mio : Rp 39.000
Yamaha Nouvo : Rp 66.000
Yamaha Xeon 125 : Rp 22.000
PULI KIPAS
Honda Vario : Rp 161.000
Honda BeAT : Rp 110.000
Honda Scoopy : Rp 110.000
Suzuki Spin 125 : Rp 55.000
Suzuki Skydrive 125 : Rp 55.000
Suzuki Skywave 125 : Rp 55.000
Yamaha Mio : Rp 18.000
Yamaha Nouvo : Rp 21.000
Yamaha Xeon 125 : Rp 19.000
MANGKUK KOPLING
Honda Vario : Rp 90.000
Honda BeAT : Rp 70.000
Honda Scoopy : Rp 70.000
Suzuki Spin 125 : Rp 82.000
Suzuki Skydrive 125 : Rp 82.000
Suzuki Skywave 125 : Rp 82.000
Yamaha Mio : Rp 165.000
Yamaha Nouvo : Rp 277.000
Yamaha Xeon 125 : Rp 86.000
Penulis/Foto : Eka, Kris/GT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar