Kamis, 19 Mei 2011

Teknologi

BMW Buat Motor dan Mobil Saling Terkoneksi, Cegah Kecelakaan


Wow, baru-baru ini BMW sedang mengembangkan sebuah perangkat safety baru untuk mobil dan sepeda motor. Kedua jenis kendaraan yang berbeda ini dibuat bisa berkomunikasi satu sama lain dan saling mengingatkan bila memiliki potensi kecelakaan.

BMW mengembangkan perangkat baru ini dari perangkat "turn right assistant" yang sebelumnya sudah dikembangkan pada mobil BMW. Turn right assistant ini bekerja dengan membaca kondisi lingkungan, apakah ada mobil lain atau benda yang tidak terlihat saat belok ke kanan.

Bila ada halangan, misalnya ada mobil dari arah berlawanan, maka mobil secara otomatis akan mengurangi kecepatan, melakukan pengereman dan memberikan sinyal peringatan secara otomatis. Perangkat ini juga menjaga agar mobil selalu berada pada jalur yang benar.

Nah untuk perangkat baru yang saling menghubungkan mobil dan sepeda motor, BMW menambahkan sebuah interface baru untuk membuat keduanya bisa saling terkoneksi. BMW Motorrad melakukan pengetesan ini pada sebuah BMW R 1200 GS.

"Mobil dan motor akan saling berkomunikasi dengan car-to-x interfaces," buka Udo Rietschel, Development Engineer di BMW Group Research and Technology’s left turn Assistant Project.

Agar bisa bekerja pada sepeda motor, BMW juga sudah melengkapi kamera dan laser scanners untuk membaca marka jalan dan memastikan sepeda motor dalam jalur yang benar. Lewat dua peralatan tambahan ini, mobil dan motor juga bisa berbagi informasi satu sama lain.
 
"Keduanya saling berbagi informasi seperti tipe kendaraan, posisi dan kecepatan. Juga data dinamic seperti sudut kemudi," jelasnya. Sepeda motor kemudian menggunakan data ini untuk mendeteksi arah berkendara mobil di posisi berlawanan.

Berdasarkan data yang dipertukarkan antara mobil dan sepeda motor, algoritma kemudian menghitung lintasan dan mengidentifikasi apakah tabrakan mungkin terjadi.

Dalam situasi kritis, sepeda motor secara otomatis akan memberikan peringatan pada pengemudi mobil. Lampu motor akan secara otomatis menyala.

Makin dekat, maka sorotan dan lampu LED nya akan makin terang untuk menciptakan siluet yang kemudian bisa dilihat jelas. Makin dekat dengan mobil, klakson pun bisa dengan otomatis berbunyi.

Di sisi lain, mobil juga akan melakukan hal yang sama. Bahkan brake assist akan beroperasi otomatis mengurangi kecepatan. Panel instrumen dan head up display di dasbord juga akan memberikan peringatan yang sama.

Harapannya dengan saling memberikan peringatan, kecelakaan bisa diminimalisir dan dihindari. Mantab kan! (motorplus-online.com)
 
 
Penulis : Popo | Teks Editor : Nurfil | Foto : Visordown

Tidak ada komentar:

Posting Komentar