Rabu, 04 Mei 2011

Substitusi Part - Substitusi Kampas Kopling ZX130 Pakai GL100



 Harga juga lebih murah punya GL
Jika kesulitan
cari kampas kopling Kawasaki ZX130, usah bingung. Bisa lirik milik Honda GL100 atau Honda GL Pro tuh! Dijamin, bisa langsung pasang! “Bentuknya sama persis. Jadi tidak ada yang perlu disesuaikan atau diubah,” pasti Kardi, pemilik bengkel umum Kardi Mulia Motor di Jl. WR. Supratman No. 13, Kp. Utan, Ciputat, Tangerang.

Jumlah kampas ZX130 juga sama seperti GL yang terdiri dari 5 keping. Menurut Kardi, sebenarnya bisa juga subsitusi pakai Honda Grand. "Sayangnya jumlah kampas Grand hanya 4 keping,” aku pria yang pernah menjadi kepala mekanik di bengkel resmi Yamaha ini.

Bukan kemudahan subsitusi saja, soal harga juga! Kampas GL100 atau GL Pro dijual Rp 98 ribu per set. Sedang bebek Kawasaki 130 cc itu dijual satuan. Per satu kampas, harga price list ditawarkan Rp 33 ribu.

Jika dikalikan 5 kampas, musti bayar Rp 165 ribu. So, bisa hemat Rp 67 ribu dong. Wah, lumayan kan buat ganti oli atau ongkos servis. He..he..he...

Langsung ke cara ganti yuk! Setelah oli dikeluarkan, buka 9 baut bak kopling atau bak mesin kanan pakai kunci T ukuran 8. Setelah terlepas semua, cabut bak kopling. Baiknya, tarik secara perlahan agar tidak merusak paking. Sebab jika kondisinya masih bagus, paking masih bisa digunakan. Tapi jika robek, ya harus ganti dong!

 Perhatikan keausan part, bisa bikin selip
Lanjut buka kampas kopling ganda alias kampas otomatis. Soalnya posisi rumah kopling terhalang part ini. Buka baut penahannya pakai kunci T atau kunci ring 19. Kelar dilepas, sekarang giliran rumah kopling.

Cara bukanya sama! Gunakan kunci 19 untuk melepas baut dari as. Tapi, agar rumah kopling tidak ikut berputar, kudu gunakan trecker atau kunci penahan ya.

Lalu, buka dua baut tutup rumah kopling pakai kunci 8. Setelah itu baru cabut seluruh kampas dan ganti pakai kampas baru. Pasangnya kebalikan dari proses membuka ya. Mudah kan?

Oh ya! Sedikit saran, sebelum pasang kampas baru, perhatikan juga kaki empat rumah kopling. Sebab jika part ini aus, bisa sebabkan selip. “Meski kampas baru tapi jika kaki empatnya aus, tetap selip,” pesan pria 42 tahun itu.  (motorplus-online.com)

1 komentar: