Karet Vakum Karburator Tebal Enggak Gampang Melar
Aneka karet vakum karburator
Menurut Ko An, sapaan akrabnya, jika karet vakum sudah melar, bisa timbul banyak masalah. "Biasanya dimulai dengan penyakit susah mengatur langsam motor. Karena posisi karet sudah enggak ngeplak lagi di tempat seharusnya," kata pria yang pernah berguru ke almarhum Om Chia alias Michael Iskandar.
Itu sekaligus membuktikan bahwa pada karburator sistem vakum kondisi karet punya pengaruh atau peran besar.Karenanya, disarankan saat perawatan motor sampai membongkar atau membersihkan karburator, perlu dicek kondisi karet. Pastikan apakah sudah keras, melar atau bahkan mungkin sudah ada yang robek. Jika sudah begini, tibalah saatnya untuk mengganti.
Lanjut! Berdasarkan pengalaman selama ini, Ko An banyak menemukan karet vakum yang bisa saling menggantikan. Maksudnya dapat saling tukar pakai. Dari satu merek sama, atau gak masalah juga diambil dari merek lain.
Tentu harus dilihat terlebih dahulu juga. Apakah ukuran yang dicari memang sudah sesuai. Auk ah bletok? Berikut beberapa tipe yang bisa saling disubstitusi.
Honda
Karet vakum Honda sama semua. Motor yang sudah menggunakan karburator dengan sistem seperti ini, kayak BeAT, Vario dan Scoopy. "Kalau Honda itu ya semuanya sama, tidak ada yang berbeda. Jadi, jika terjadi kerusakan atau harus ganti antar skubek tadi, boleh saling pakai," cerita mekanik yang ubannya sudah dominan menguasai rambut di kepalanya.
"Konon ada juga yang menjual dengan bilang karet made-in Thailand. Tapi saya rasa sama saja kok kualitasnya," tambah pria ramah ini. Untuk harga, karet vakum buat Honda biasa di kisaran Rp 20 ribu.
Sesekali perlu cek kondisi
YamahaYamaha Mio
tidak bisa membeli karet vakum aja. Harus beserta skep sekalian. Tapi,
untuk Nouvo malah bisa. "Nah, untuk Yamaha ini memang ada sedikit
perbedaan pada kedua skubeknya itu, Nouvo bisa beli karetnya saja,"
tambahnya.Jika harus mengganti, maka karet buat Nouvo tadi bisa
menggunakan punya Suzuki Satria F-150. "Secara kualitas karet FU tadi
sama saja dengan punya Nouvo. Hanya saja jika ke toko spare-parts, punya
Nouvo tidak ada, bisa juga beli punya FU," pesannya bagi para pemilik
Nouvo. SuzukiBuat Suzuki, sangat direkomendasikan oleh Ko An
untuk memilih atau menggunakan punya Suzuki FXR. "Sebab karet vakumnya
tebal dan mantap, jadi sudah pasti lebih awet," ungkap Ko An.Tapi,
ternyata punya FXR ini ada kelemahan. Yaitu di soal harga yang memang
jauh lebih mahal. "Terakhir cek harga, di jual lebih dari Rp 150 ribu,
sementara yang standar Spin hanya Rp 30 ribuan," sebutnya. Memang
Spin, Skywave, Skydrive bahkan Hayate direkomendasikan mekanik ini
untuk menggunakan punya FXR. Bahkan Thunder 125 juga bisa! (motorplus-online.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar