Senin, 17 Januari 2011

TVS Motor Company

TVS Lengkapi Apache RTR 180 Dengan Rem ABS!


India - Pabrikan motor India, TVS kabarnya sudah menguji coba dan telah siap untuk memasarkan perangkat pengereman dengan teknologi ABS (Antilock Braking System).

Kabarnya, yang pertama kali akan menggunakan teknologi ini adalah TVS Apache RTR 180. Dan, kalau memang benar-benar akan menjual masal versi ABS, Apache layak disandingkan dengan Honda CBR250R sebagai motor berkapasitas mesin kecil pertama yang sudah dilengkapi dengan ABS.

Sama seperti perangkat ABS lainnya, ABS dari TVS ini juga menawarkan beberapa keunggulan. Yang pasti dengan ABS kemungkinan roda mengunci karena pengereman yang terlalu keras bisa dihindari.

Efek stoppie (roda belakang terangkat saat pengereman) karena pengereman depan yang terlalu kuat juga bisa dihilangkan. Jarak pengereman pun bisa dipangkas.Pengereman di jalanan basah dan medan offroad ringan juga diyakini akan lebih baik.

Menariknya, ABS yang diusung TVS ini memiliki switch on-off. Mau diaktifkan atau tidak suka-suka pengendaranya. Misalnya, pada kondisi khusus seperti hendak beraksi freestyle, fitur ini bisa dinonaktifkan.

ABS yang terintegrasi dengan ECU ini hanya membutuhkan arus 12 Volt. TVS juga sudah melengkapi ABS-nya dengan K-line Communication, sebuah perangkat yang menjaga agar tidak ada kesalahan antara ECU dan sistem pengereman.

Semoga saja TVS Apache di Indonesia segera dilengkapi fitur ini! (motorplus.otomotifnet.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar