Pasang Spidometer Satria FU 150 di Yamaha Scorpio, Kecil Tapi Menarik
Jakarta
- Pengin tampilan Yamaha Scorpio Anda terlihat beda dibanding biasanya?
Enggak ada salahnya meniru Adi Purnomo, pembesut si Kalajengking edisi
2005 ini. Yakni aplikasi spidometer Suzuki Satria FU 150 orisinal pada
tunggangan kesayangan.
“Bentuknya memang lebih kecil, tapi tambah memikat dan keren.
Masalahnya spidometer FU, selain mengusung sistem analog, juga
dilengkapi digital. Hal ini yang bikin tampilan tunggangan terlihat
makin berteknologi tinggi,” aku Adi.
Tak heran bila hal itu bikin anggota Scorpio Riders Community
(SRC) ini rela keluarin dana Rp 750 ribu untuk pasang peranti tersebut,
serta menunggu hingga 2 hari untuk pengerjaannya.
“Awalnya mau pasang yang versi aftermarket. Tapi fungsinya kadang
tidak normal, tak sedikit yang ngaco. Sayang juga keluarin duit hingga
lebih dari Rp 1 juta kalau hasilnya tidak memuaskan. Tapi kalau spido
satu ini, kerjanya dijamin akurat,” kekeh bapak 1 anak ini.
Penasaran bagaimana cara pasang peranti tersebut sehingga bisa
berfungsi normal? Yuk sambangi Nazar Motor (NM) di Jl. Kebagusan Raya II
No.22, Jaksel. “Pemasangannya tidak begitu susah. Namun biar kinerjanya
akurat dan optimal, sensor spidometer sekaligus gigi sensor (gbr.1)
bawaan Suzuki Satria FU orisinalnya mesti dipasang,” ujar Nazar,
penggawang NM.
Langkah awal, bikin braket dudukan spidometer FU pada setang Scorpio. Lanjutkan menyambung kabel-kabel spido FU pada kabel bodi Scorpio. Penyambungan kabel, kudu dicek satu per satu disesuaikan dengan fungsinya masing-masing. “Agar rpm-meter pada spido FU bisa berfungsi normal, kabel rpm digabung kabel ke pulser warna merah muda,” wanti Nazar.
Kalau hal di atas sudah dikerjakan, bikin dudukan gigi sensor dan
dudukan sensor spido FU. “Caranya, bor as gir depan pakai mata bor
ukuran 12 mm yang dilanjutkan bikin ulir pada lubang itu (gbr.2). Lubang
ini, nantinya untuk mengikat gigi sensor pakai mur 12 mm (gbr.3),”
yakin pria, yang sudah 2 kali mengerjakan proyek ini.
Kemudian bikin braket pegangan sensor yang diikat pada lubang baut
di bawah gir depan. Lalu pasang sensor spido FU pada braket tersebut
menggunakan obeng kembang (gbr.4).
“Usahakan sensor hampir menempel pada gigi sensor, agar hasil yang
terbaca tetap akurat (gbr.5). Namun kalau kurang akurat, sensor ini
bisa disetel/disesuaikan hingga pas dengan mengubah maju/mundur
braketnya,” tutup mekanik pengalaman 10 tahun ini. (motorplus.otomotifnet.com)
Telp.021-96790080
Tidak ada komentar:
Posting Komentar