Senin, 17 Januari 2011

Profil Motor Baru

Suzuki Shogun Axelo, Konsisten Mengusung Aura Sporty


 
Jakarta - Meski baru diluncurkan secara resmi akhir bulan ini (Januari) di Jakarta, namun PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah memperkenalkan bebek barunya, Suzuki Shogun Axelo terlebih dahulu di Surabaya (5/1).

Dalam pertemuan pertama dengan Shogun Axelo, aura sporty khas bebek balap masih tetap kental terasa. Pantas saja bila SIS memilih sirkuit Park Kenjeran sebagai lokasi pertemuan motorplus.otomotifnet.com dengan bebek baru ini.

Sejak akhir 90an, nama Shogun seolah menjadi jaminan sepeda motor dengan aura kecepatan. Terbukti dengan berkibarnya bebek Suzuki ini di ajang road race nasional.

Kembali ke Shogun Axelo, perubahan paling mencolok memang ada pada desain. Tentunya versi terbaru yang diembel-embeli nama Axelo ini memakai cover bodi yang lebih futuristik.

Bila Shogun sebelumnya terlihat kaku dengan sudut-sudut tajam, Alelo mengimbanginya dengan lekukan yang dinamin. Hasilnya tetap sporty tapi lebih manis.

Meski masih menggunakan head lamp di stang, namun kehadiran lampu sein di sayap depan dan bersanding dengan air scope membuat moncongnya tampang garang.

Makin sporty, Shogun Axelo dilengkapi dengan panel bodi bermotif karbon. Coba tengok cover samping tepatnya di penutup aki, begitu juga dengan cover kunci kontaknya. Lebih keren kan!

Satu lagi keistimewaan Shogun Axelo, bebek ini telah dilengkapi dengan fitur automatic headlight on (AHO). Yang mengukuhkannya menjadi pelopor "switch on light on" sesuai UU Lalu Lintas no.22 tahun 2009. 

Berbenah Mesin Meski Tak Banyak

Axelo berasal dari kata AXEL (good axeleration) dan LO (low emission dan low fuel consumtion). Oleh karenanya, mesin dibenahi meski tak banyak.

Perbaikan fitur dan teknologi dibanding Shogun pendahulunya antara lain CDI baru buatan Mitsubishi yang dirancang mencegah knoking karena sudah dilengkapi antiknocking di putaran 9800 rpm.

Sudut klep 24 derajat (in) dan 26 derajat (ex), perbandingan kompresi  9,6:1, TPS, PAIR control valve serta engine balancer untuk meminimalkan getaran mesin, membuat performanya makin prima.

Rancangan rangka yang ringkas untuk menunjang stabilitas dan kelincahan manuver. Serta dibuatkannya tiga titik dudukan mesin ke rangka.

Shogun Axelo ditawarkan dengan varian standar, rem tromol (belakang), serta tipe S dengan rem cakram belakang dan tipe R cakram dengan kopling manual. Ketiganya ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 13,8 juta hingga Rp 15 juta on-the road Jakarta. (motorplus.otomotifnet.com)

Spesifikasi Mesin 1-silinder, 4 langkah, SOHC Diameter piston: 53,5 mm Langkah: 55,2 mm Kapasitas: 124 cc Tenaga maks: 9,6 PS @8.000 rpm (standar dan S), 10 PS @8.500 rpm (R) Torsi maks: 10 Nm @6.000 rpm (standar dan S), 9,9 Nm @6.000 rpm (R)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar