Selasa, 18 Januari 2011

Pabrik Harley Davidson di India Sudah Mulai Produksi



India – Produsen motor asal Amerika, Harley Davidson mengumumkan bahwa pabrik mereka di India telah beroperasi untuk pertama kalinya. Motor yang dirakit untuk pasar 2011 nanti adalah SuperLow dan Iron 883.

Meski dijahit di India, tapi komponen yang dipakai tetap menggunakan part yang berasal dari vendor yang sama dengan  pabrik HD di Haryana, Amerika.


Harley Davidson India mengatakan akan membuka pesanan kedua sportster ini mulai tanggal 1 Januari 2011. SuperLow 2011 akan dihargai 550 ribu rupee atau sekitar Rp 109 jutaan, dan Iron 883 2011 akan dibanderol 650 ribu rupee atau sekitar Rp 128 jutaan.


Untuk perbandingan, kedua sportster ini di Amerika harganya sekitar Rp 71 jutaan. Wah, jadi lebih mahal? Padahal alasan pembuatan pabrik di India ini demi menekan harga?


Namun menurut Harley Davidson, jika diimpor utuh dari Amerika akan terkena biaya tambahan dan pajak sehingga jatuhnya lebih mahal dibanding dirakit di India.


Mengekspor Harley Davidson dalam bentuk komponen mengurangi pajak hingga 80% dibanding dalam keadaan utuh. Jika diekspor secara utuh, harga kedua motor ini akan menjadi 2 kali lipat akibat pajak.


“Operasi perakitan di India merupakan langkah Harley Davidson untuk memperluas pasar ke seluruh dunia.” ungkap Matthew S. Levatich, Presiden sekaligus Chief Operating Officer Harley Davidson Motor Company.


"Ini akan meningkatkan pertumbuhan pasar kami dengan membuat Harley Davidson semakin terjangkau oleh konsumen India," lanjutnya. Sebagai info tambahan, ini adalah pabrik kedua di luar Amerika setelah mendirikan pabrik di Brazil pada tahun 1999.


Pabrik Harley Davidson India sudah beroperasi. Sedangkan Ducati tengah bersiap produksi di Thailand. Pabrikan moge ada yang tertarik berinvestasi di Indonesia? 
(motorplus.otomotifnet.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar