Rabu, 23 Februari 2011

Bengkel Motor 250 cc, Butuh Alat Spesial

Kawasaki Ninja 250R sudah punya saingan, Honda CBR25. Dengan begitu, pertumbuhan bengkel spesial motor 250 cc nantinya akan menjadi lebih banyak. “Berbeda dengan bengkel resmi dari tool-kit khusus sampai SDM-nya sudah diberikan secara merata,” beber Reiner Sitorus, Technical Service Manager PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

Beberapa komponen memang harus diperlakukan khusus supaya mendapat hasil maksimal. Irin Bachri dari Pro Bike Motor, Jakarta Barat mengatakan pemahaman dan rangkaian kerja mesin dan teknologi harus diketahui mekanik. Teknologi akan berpengaruh pada setingan motor,” tegas Yongi Setiady dari Yong’s Motor, Bandung.

Karena itu, konsumen calon pengguna 250 cc harus lebih selektif. Apalagi jika itu menyangkut teknologi injeksi. “Kayak Honda CBR250 punya alat khusus karena teknologi injeksi,” bilang Irin lagi.

Paling simpel lihat standar perangkat kerja bengkel resmi atau bengkel umum yang dikenal sudah bermain 250 cc. Penyembur campuran udara dan bahan bakar bisa diseting ulang seperti halnya mobil. Perangkat ini biasa dan umum ditemukan di bengkel roda empat.

Begitu juga dengan tool-kit spesial biasa dipakai untuk Ninja 250R. Contoh untuk mengatur udara di karburator butuh vakum tester dan obeng spesial. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar