Senin, 13 Februari 2012

Ojek Dengan Argo (TAXIJEK), Lebih Murah dan Nyaman


Karena pengalaman pribadi dengan ojek yang acap dialaminya, maka Astri Ayuningtias mencoba memulai bisnis ojek sendiri. Tapi tidak seperti umumnya armada ojek, yang dihadirkannya sudah dilengkapi argo meter dan beberapa penunjang kenyamanan lain bagi penumpang.
"Awalnya suka gak terima dengan harga yang asal sebut dari tukang ojek," kata Astri. Karena itu dia memikirkan membuat sistem tarif yang lebih fair buat penumpang. Merujuk pada taksi maka dia merasa akan lebih baik jika ojek juga dilengkapi argo.

"Dengan adanya argo tadi maka jumlah yang harus dibayar memang berdasarkan jarak tempuh yang dipakai si penumpang," lanjut ibu satu anak ini lagi.

Akhirnya setelah mencari, Astri menemukan satu supplier argo yang juga memasok ke taksi dan siap untuk dipasang di motor. Tentu saja harus ada beberapa penyesuain. Misalnya saja dibuatkan kabel tambahan ke roda seperti memasang spidometer digital. Hal itu untuk mengetahui jarak tempuh motor.

"Kita juga harus membuat semacam casing atau bungkus mesin argo supaya tidak kena air saat hujan," tambah warga komplek Bona Sarana Indah, Blok R, No. 10 Tangerang itu lagi.

Hebatnya lagi, mesin argo ini juga akan mengeluarkan semacam struk atau kuitansi dari pembayaran konsumen. Sehingga bisa dijadikan bukti transaksi.

Pada sistem harga, argo di Taksi Jek akan langsung ke Rp 4.000 untuk sekali naik. "Setelah jarak 1 km maka argo akan bertambah Rp 1 untuk setiap meternya," ungkap Astri lagi.

Selain itu karena pool atau pusatnya masih di Tangerang, maka jika menuju Jakarta akan ada biaya tambahan. Mereka menyebutnya biaya per zona. Zona 1 itu untuk jarak 15 km  - 20 km. Zona 2 untuk 20 km - 25 km. Sedangkan zona 3 untuk 25 km - 30 km. Setiap zona itu akan dikenakan biaya tambahan Rp 4500.

Meski begitu, TaksiJek tetap lebih murah jika dibanding taksi biasa. Misalnya untuk jarak Graha Raya Bintaro ke daerah Setia Budi yang hanya Rp 30 ribu saja. "Padahal biasanya langganan saya itu harus bayar sampai Rp 40 ribu," tambahnya menceritakan pengalaman salah satu pelanggan setianya.  


Layaknya taxi, maka untuk mendapatkan layanan ojek berargo ini juga bisa dipesan. "Bisa lewat telepon dan juga BlackBerry Messenger (BBM)," ungkap wanita berjilbab ini lebih jauh. Tapi sampai saat ini, pemesan yang dilayani masih untuk seputaran kawasan Tangerang, Bintaro dan Ciputat. Untuk sementara, order dari Jakarta masih belum bisa dilayani.

Kenyamanan lainnya juga dijaga. Misalnya disediakan helm yang bersih serta jas hujan untuk penumpang. Bahkan bagi yang rambutnya takut bau helm disediakan semacam plastik shower cap dengan sistem sekali pakai. Untuk order TaksiJek ini bisa dilakukan lewat (021) 9444-0739 atau pin BB 2247AE73.
(motorplus-online.com)



Penulis : Nurfil | Teks Editor : Nurfil | Foto : Yudi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar