Senin, 13 Februari 2012

Komparasi Layanan SPBU Bensin Non Subsidi


Secara jumlah transaksi, pengendara motor terbukti pelanggan terbesar bensin non subsidi. Dengan adanya wacana pembatasan pada 1 April mendatang sangat dimungkinkan SPBU swasta yang semuanya menyediakan bensin non subsidi akan kebanjiran rezeki.

Sebab, secara harga keempat SPBU ini cukup kompetitif. Untuk bensin RON 92 dijual di kisaran harga Rp 8.550-Rp 8.600. Kali ini, MOTOR Plus coba melihat pelayanan apa yang diberikan penyedia bensin non subsidi, Pertamina, Petronas, Shell dan Total. Survey di masing-masing 1 lokasi ini bisa sedikit memberikan gambaran mengenai pelayanan dari setiap SPBU.

PERTAMINA
Pelayanan yang diberikan Pertamina bagi pengguna bensin subsidi dan non subsidi tidak ada bedanya. Perbedaan hanya pada proses pembelian. Tidak perlu antre. Petugas yang berjaga cukup ramah dengan mengucapkan kata selamat datang. Tidak ada pelayanan lainnya selain mengisi bensin. Misalnya, membersihkan bagian tertentu di motor. Seperti ngelap tangki atau membersihkan spion.

Sedangkan, untuk fasilitas SPBU Pertamina tidak sama standarisasinya. Tergantung kelas SPBU. Seperti yang dilihat MOTOR Plus di Pertamina yang berada di Jl. Pos Pengumben, Jakarta Barat. Di lokasi ini tidak ada mini market. Namun jika lapar, tersedia gerai Dunkin Donut di situ. Untuk penyediaan angin dan air gratis, namun sayang, fungsi dari angin tidak maksimal karena kompresor rusak.

Untuk fasilitas kamar kecil, di banding kompetitor seperti Shell dan Total, Pertamina sedikit kalah. Kondisi di bagian urinoir saat MOTOR Plus datang tidak dalam keadaan kering dan tidak ada tisu di kamar mandi.

PETRONAS
Petugas SPBU di Petronas, tidak menyediakan layanan untuk membersihka komponen yang ada di kendaraan seperti tangki dan spion. Layanan ini memang dikhususkan bagi kendaraan roda empat.

Fasilitas yang disediakan oleh SPBU Petronas yakni tersedianya lahan parkir yang cukup besar. Seperti yang terdapat di SPBU yang ada di Jl. Fatmawati, Jakarta Selatan. Mobil dan motor bisa dengan leluasa parkir di sana.

Di SPBU ini juga terdapat mini market. Konsumen bisa membeli minuman hangat yang siap seduh. Bahkan, di SPBU juga terdapat restoran yang menyajikan ‘makanan berat’.

Bagi konsumen yang menginginkan menambah air dan angin pun sudah disediakan. Dan fungsi peralatan ini masih dalam kondisi baik. Sedangkan fasilitas kamar mandi cukup bersih namun berbeda dengan dua SPBU swasta lainnya, di sini sepertinya memang tidak disediakan tisu pembersih.

 
 
SHELL
Pelayanan yang diberikan cukup baik. Selain mengucapkan selamat datang kepada konsumen, petugas di SPBU Shell juga langsung sigap dengan menanyakan apakah perlu tangki dan spion dilap.

Namun ada yang menarik dari pembelian bensin Shell pakai motor. Penumpangnya wajib turun dari kendaraan. Petugas menyatakan ini demi keamanan.

Saat menyambangi SPBU Shell di bilangan Jl. S. Parman, Slipi, Jakarta Barat, berbagai fasilitas tersedia di sana seperti mini market. Untuk pelayanan lainnya, seperti pengisian angin, petugas SPBU kerap membantu pengendara untuk mengisi tekanan ban.

Untuk fasilitas pendukung lain seperti kamar mandi, kebersihan di SPBU Shell memang dijaga baik. Bagian urinoir terlihat kering dan ada tisu pembersih.

Bahkan untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada konsumen, Shell mempelopori kehadiran SPBU khusus motor yang dikasih nama, Shell Motor Express. Baru satu memang dan terdapat di Perumahan Citra Rara, Cikupa, Banten.

TOTAL
Hal serupa dilakukan oleh petugas di SPBU Total. Di sini ada tambahan layanan untuk membersihkan tangki dan spion. Enggak beda jauh di SPBU Shell. Sedangkan untuk pengembalian uang, Total dan Shell agak terlambat, karena di SPBU ini memang harus menuju kasir.

Fasilitas di SPBU Total yang terdapat di Jl. Kapten Tendean, Jakarta Selatan juga ada mini market, Bonjour, menyediakan berbagai makanan dan minuman. Tokonya tidak terlalu besar. Di sini juga tersedia café, meja kursi untuk istirahat sambil menikmati kopi panas dan makanan di dalam mini market.

Toilet juga tersedia di dalam area toko, sehingga memudahkan pengguna. Sekali jalan sduah bisa langsung ke toilet sekaligus jajan. Masing-masing ada satu toilet, untuk pria dan wanita. Kondisinya bersih, wangi, kering, komplet dengan wastafel, penyemprot air dan tisu.
(motorplus-online.com) 



Penulis : Hend | Teks Editor : Nurfil | Foto : Endro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar