Senin, 07 Maret 2011

Wow, Honda CBR250R Cukup Ganti Oli Mesin Tiap 12 Ribu Kilometer!

Honda CBR250R dipastikan akan minim perawatan. Selain sudah berteknologi DOHC dan mengadopsi fuel injection PGM-Fi, penggantian oli mesinnya pun bisa sangat panjang!

"Kita merekomendasikan ganti oli tiap 12 ribu kilometer," buka Sarwono Edhi, Technical Service Training Manager PT Astra Honda Motor (AHM). Kalau satu bulan rata-rata hanya menempuh jarak seribu kilometer, artinya bisa satu tahun enggak ganti oli dong?

Umur pakai oli yang panjang ini menurutnya terkait dengan konstruksi mesin Honda CBR250R yang didesain minim gesekan dan memiliki sistem pendinginan yang sangat baik.

Misalnya, konstruksi kepala silindernya. Meski menggunakan teknologi Double Overhead Camshaft tapi dibuat minim gesekan dengan bantuan rocker arm. Metal duduk atau metal bearing juga digunakan pada kruk as  dan camshaft.

"Tapi tiap 12 ribu kilometer harus dilakukan juga penggantian filter oli," jelas Endro Sutarno, Technical Service Training Instructor PT AHM, sambil menunjukan spesifikasi oli 10W-30 untuk Honda CBR250R.

"Tiap ganti oli butuh 1,6 liter. Kalau tanpa penggantian filter oli, hanya 1,5 liter. Oiya, saat overhoul olinya butuh lebih banyak, mencapai 1,8 liter," jelas pria ramah ini. (motorplus-online.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar