Senin, 13 Februari 2012

Komparasi Layanan SPBU Bensin Non Subsidi


Secara jumlah transaksi, pengendara motor terbukti pelanggan terbesar bensin non subsidi. Dengan adanya wacana pembatasan pada 1 April mendatang sangat dimungkinkan SPBU swasta yang semuanya menyediakan bensin non subsidi akan kebanjiran rezeki.

Sebab, secara harga keempat SPBU ini cukup kompetitif. Untuk bensin RON 92 dijual di kisaran harga Rp 8.550-Rp 8.600. Kali ini, MOTOR Plus coba melihat pelayanan apa yang diberikan penyedia bensin non subsidi, Pertamina, Petronas, Shell dan Total. Survey di masing-masing 1 lokasi ini bisa sedikit memberikan gambaran mengenai pelayanan dari setiap SPBU.

PERTAMINA
Pelayanan yang diberikan Pertamina bagi pengguna bensin subsidi dan non subsidi tidak ada bedanya. Perbedaan hanya pada proses pembelian. Tidak perlu antre. Petugas yang berjaga cukup ramah dengan mengucapkan kata selamat datang. Tidak ada pelayanan lainnya selain mengisi bensin. Misalnya, membersihkan bagian tertentu di motor. Seperti ngelap tangki atau membersihkan spion.

Sedangkan, untuk fasilitas SPBU Pertamina tidak sama standarisasinya. Tergantung kelas SPBU. Seperti yang dilihat MOTOR Plus di Pertamina yang berada di Jl. Pos Pengumben, Jakarta Barat. Di lokasi ini tidak ada mini market. Namun jika lapar, tersedia gerai Dunkin Donut di situ. Untuk penyediaan angin dan air gratis, namun sayang, fungsi dari angin tidak maksimal karena kompresor rusak.

Untuk fasilitas kamar kecil, di banding kompetitor seperti Shell dan Total, Pertamina sedikit kalah. Kondisi di bagian urinoir saat MOTOR Plus datang tidak dalam keadaan kering dan tidak ada tisu di kamar mandi.

PETRONAS
Petugas SPBU di Petronas, tidak menyediakan layanan untuk membersihka komponen yang ada di kendaraan seperti tangki dan spion. Layanan ini memang dikhususkan bagi kendaraan roda empat.

Fasilitas yang disediakan oleh SPBU Petronas yakni tersedianya lahan parkir yang cukup besar. Seperti yang terdapat di SPBU yang ada di Jl. Fatmawati, Jakarta Selatan. Mobil dan motor bisa dengan leluasa parkir di sana.

Di SPBU ini juga terdapat mini market. Konsumen bisa membeli minuman hangat yang siap seduh. Bahkan, di SPBU juga terdapat restoran yang menyajikan ‘makanan berat’.

Bagi konsumen yang menginginkan menambah air dan angin pun sudah disediakan. Dan fungsi peralatan ini masih dalam kondisi baik. Sedangkan fasilitas kamar mandi cukup bersih namun berbeda dengan dua SPBU swasta lainnya, di sini sepertinya memang tidak disediakan tisu pembersih.

 
 
SHELL
Pelayanan yang diberikan cukup baik. Selain mengucapkan selamat datang kepada konsumen, petugas di SPBU Shell juga langsung sigap dengan menanyakan apakah perlu tangki dan spion dilap.

Namun ada yang menarik dari pembelian bensin Shell pakai motor. Penumpangnya wajib turun dari kendaraan. Petugas menyatakan ini demi keamanan.

Saat menyambangi SPBU Shell di bilangan Jl. S. Parman, Slipi, Jakarta Barat, berbagai fasilitas tersedia di sana seperti mini market. Untuk pelayanan lainnya, seperti pengisian angin, petugas SPBU kerap membantu pengendara untuk mengisi tekanan ban.

Untuk fasilitas pendukung lain seperti kamar mandi, kebersihan di SPBU Shell memang dijaga baik. Bagian urinoir terlihat kering dan ada tisu pembersih.

Bahkan untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada konsumen, Shell mempelopori kehadiran SPBU khusus motor yang dikasih nama, Shell Motor Express. Baru satu memang dan terdapat di Perumahan Citra Rara, Cikupa, Banten.

TOTAL
Hal serupa dilakukan oleh petugas di SPBU Total. Di sini ada tambahan layanan untuk membersihkan tangki dan spion. Enggak beda jauh di SPBU Shell. Sedangkan untuk pengembalian uang, Total dan Shell agak terlambat, karena di SPBU ini memang harus menuju kasir.

Fasilitas di SPBU Total yang terdapat di Jl. Kapten Tendean, Jakarta Selatan juga ada mini market, Bonjour, menyediakan berbagai makanan dan minuman. Tokonya tidak terlalu besar. Di sini juga tersedia café, meja kursi untuk istirahat sambil menikmati kopi panas dan makanan di dalam mini market.

Toilet juga tersedia di dalam area toko, sehingga memudahkan pengguna. Sekali jalan sduah bisa langsung ke toilet sekaligus jajan. Masing-masing ada satu toilet, untuk pria dan wanita. Kondisinya bersih, wangi, kering, komplet dengan wastafel, penyemprot air dan tisu.
(motorplus-online.com) 



Penulis : Hend | Teks Editor : Nurfil | Foto : Endro

Ojek Dengan Argo (TAXIJEK), Lebih Murah dan Nyaman


Karena pengalaman pribadi dengan ojek yang acap dialaminya, maka Astri Ayuningtias mencoba memulai bisnis ojek sendiri. Tapi tidak seperti umumnya armada ojek, yang dihadirkannya sudah dilengkapi argo meter dan beberapa penunjang kenyamanan lain bagi penumpang.
"Awalnya suka gak terima dengan harga yang asal sebut dari tukang ojek," kata Astri. Karena itu dia memikirkan membuat sistem tarif yang lebih fair buat penumpang. Merujuk pada taksi maka dia merasa akan lebih baik jika ojek juga dilengkapi argo.

"Dengan adanya argo tadi maka jumlah yang harus dibayar memang berdasarkan jarak tempuh yang dipakai si penumpang," lanjut ibu satu anak ini lagi.

Akhirnya setelah mencari, Astri menemukan satu supplier argo yang juga memasok ke taksi dan siap untuk dipasang di motor. Tentu saja harus ada beberapa penyesuain. Misalnya saja dibuatkan kabel tambahan ke roda seperti memasang spidometer digital. Hal itu untuk mengetahui jarak tempuh motor.

"Kita juga harus membuat semacam casing atau bungkus mesin argo supaya tidak kena air saat hujan," tambah warga komplek Bona Sarana Indah, Blok R, No. 10 Tangerang itu lagi.

Hebatnya lagi, mesin argo ini juga akan mengeluarkan semacam struk atau kuitansi dari pembayaran konsumen. Sehingga bisa dijadikan bukti transaksi.

Pada sistem harga, argo di Taksi Jek akan langsung ke Rp 4.000 untuk sekali naik. "Setelah jarak 1 km maka argo akan bertambah Rp 1 untuk setiap meternya," ungkap Astri lagi.

Selain itu karena pool atau pusatnya masih di Tangerang, maka jika menuju Jakarta akan ada biaya tambahan. Mereka menyebutnya biaya per zona. Zona 1 itu untuk jarak 15 km  - 20 km. Zona 2 untuk 20 km - 25 km. Sedangkan zona 3 untuk 25 km - 30 km. Setiap zona itu akan dikenakan biaya tambahan Rp 4500.

Meski begitu, TaksiJek tetap lebih murah jika dibanding taksi biasa. Misalnya untuk jarak Graha Raya Bintaro ke daerah Setia Budi yang hanya Rp 30 ribu saja. "Padahal biasanya langganan saya itu harus bayar sampai Rp 40 ribu," tambahnya menceritakan pengalaman salah satu pelanggan setianya.  


Layaknya taxi, maka untuk mendapatkan layanan ojek berargo ini juga bisa dipesan. "Bisa lewat telepon dan juga BlackBerry Messenger (BBM)," ungkap wanita berjilbab ini lebih jauh. Tapi sampai saat ini, pemesan yang dilayani masih untuk seputaran kawasan Tangerang, Bintaro dan Ciputat. Untuk sementara, order dari Jakarta masih belum bisa dilayani.

Kenyamanan lainnya juga dijaga. Misalnya disediakan helm yang bersih serta jas hujan untuk penumpang. Bahkan bagi yang rambutnya takut bau helm disediakan semacam plastik shower cap dengan sistem sekali pakai. Untuk order TaksiJek ini bisa dilakukan lewat (021) 9444-0739 atau pin BB 2247AE73.
(motorplus-online.com)



Penulis : Nurfil | Teks Editor : Nurfil | Foto : Yudi

Motkas Bebek Super, Di Bawah Rp 10 Jutaan


Pengen punya bebek super di bawah Rp 10 juta? Bisa kok! MOTOR Plus telah menyusuri beberapa showroom motor bekas alias motkas yang jual bebek berkapasitas mesin besar.

Motor yang masuk katagori bebek super ini adalah Suzuki Satria F-150, Honda CS-1, Yamaha Jupiter MX 135LC dan Kawasaki Athlete. ”Dana segitu bisa bawa pulang Satria F dibanderol dengan kocek Rp 9,5-10 juta. Untuk Yamaha Jupiter MX malah ada yang berharga di kisaran Rp 7 jutaan. Untuk Athelete siapkan dana minimal Rp 8 juga. Sedangkan buat Honda CS-1 masih stabil di atas Rp 10 juta,” pasti Suryanto pemilik showroom motkas Dua Saudara Motor (DSM) di Jl. Raya Ciledug, Petukangan, Jakarta Selatan.

Di kalangan showroom motkas, bebek super ini memang lagi ramai. “Selain harganya terjangkau, motor manual jenis bebek ini terbilang cukup irit dan sudah punya tenaga besar,” tambah H. Cepy Musirany, pemilik showroom motkas Cecep Motor di Jl. K.H. Hasyim Ashari Pinang, No. 38, Tangerang, Banten.

Sipnya, motkas yang dijual untuk bebek super kebanyakan masih enak dilihat dan nyaman dipakai. Semakin mendekati kondisi awal pabrikan, semakin tinggi juga harga jualnya. “Sekarang yang banyak dicari adalah Satria F-150. Itu karena besutan ini disukai kalangan anak muda. Meski harga belinya cukup tinggi tapi motor ini tetap dicari,” yakin Cepy.

Makanya, sebelum membeli motkas ada baiknya melihat secara keseluruhan. Mulai dari kelengkapan bodi, kaki-kaki hingga mesin. “Usahakan kondisi standar mungkin,” ungkap Habib yang membuka showroom motkas Habib Motor di Jl. Bangka Raya, No.3, Jakarta Selatan.

Bagian motor yang terlihat secara kasat mata harus dalam kondisi bagus. Paling enggak bisa menimbulkan kesan pertama yang baik.

Bagian mesin merupakan hal yang paling penting. Lantaran memang tidak bisa dilihat kecuali dibongkar. Dalam menentukan kualitas, memang hanya mengandalkan indera pendengaran. Dan suara mesin harus halus. Kalau sudah ada bunyi atau suara mencurigakan dari dalam mesin, silakan ditinggal aja.
(motorplus-online.com)

Penulis : Jotos | Teks Editor : Nurfil | Foto : Dok. M+

Teromol Kinclong Jupiter MX, Cuma Rp 450 Ribu


Zaman terus berputar, begitupun tren penggunaan pelek. Kini kembali digemari pelek yang masih menggunakan jari-jari. Seperti di Jupiter MX yang aslinya sporty bisa dibuat klasik dengan pasang pelek model spoke itu.

Salah satu caranya aplikasi teromol set produk Malaysia buat Yamaha MX ini. Rem belakangnya menggunakan tipe cakram. Harganya Rp 450 ribu/set.

Kalau tertarik, langsung saja ke Ratu Perkasa Motor yang ada di Jl. Raya Bogor Km 28. Atau telepon dulu ke 0821-123123-50.
(motorplus-online.com)

Penulis : Tining | Teks Editor : Nurfil | Foto : Tining 
 

Gantungan Barang CNC Kawahara, Tinggal pasang


Motor sudah kinclong harus ditunjang part-part mengkilap. Salah satunya gantungan barang juga harus ikut eye cathing. Apalagi komponen ini letaknya strategis dan mudah terlihat.

Gantungan barang warna-warni anodized salah satunya diluncurkan Kawahara Racing. Terbuat dari aluminium billet. Bukan saja warnanya yang memunculkan auro kinclong. Tapi, lebih kuat dari standarnya.

“Pengerjaannya menggunakan sistem CNC. Membuat lebih presisi dan tidak perlu lagi dipoles langsung mengkilap,” jelas Mbak Diah dari Kawahara Racing.

Dalam pemasangan juga dibuat mudah. Karena sudah dilengkapi baut L yang langsung dipasang di dek motor. Tinggal lepas baut aslinya dan pasang yang baru ini.

Harganya Rp 75 ribu. Bagi yang mau lihat barangnya ada di etalase RISE Motor Jl. Raya Jati Sampurna, No. 10, Kranggan, Bekasi. Teleponnya (021) 8430-3966.
(motorplus-online.com)

Penulis : Eka | Teks Editor : Nurfil | Foto : Istimewa

Pelek Chemco Palang Y Untuk Yamaha Mio


Modifikasi yang umum dilakukan biker adalah mengganti pelek. Selain murah, juga sangat membantu tampilan kaki-kaki. Namun di pasaran banyak pilihan pelek aftermarket. Tapi, untuk merek Chemco, banyak yang tahu soal kekuatannya.

Chemco yang aslinya membuat suku cadang rem Nissin ini mengeluarkan produk pelek palang terbarunya  buat Yamaha Mio series. Bentuk palangnya ‘Y’. Terlihat makin gaya dan kekar.

Biker yang lagi mengincar pelek ini, tersedia dua ukuran. Yaitu 2,15x14 dan 2,50x14 inci. Untuk warna, tersedia 2 macam pilihan.  Hitam solid dan putih.

"Pelek palang dengan bentuk ‘Y’ ini melengkapi jenis pelek keluaran Chemco sebelumnya. Banyak yang menunggu produk satu ini. Makanya berani stok lebih banyak," ujar Hery dari Piston Motor di Jl. Kapt. Tendean IA, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Satu setnya,  pelek gaya ini dilego Rp 750 ribu. Keterangan lebih jelasnya silakan telepon langsung ke Hery di nomor  0511-3262-043.
(motorplus-online.com)


Penulis : Tining | Teks Editor : Nurfil | Foto : Tining

Kode Part Yamaha Mio Fino, Seperti Mio Sporty


Bakal hadirnya Yamaha Mio Fino di Tanah Air, sedikit bikin penasaran. Bukan hanya tampilan bodi yang ciamik. Tapi, dari sisi mesin, juga bikin orang ingin lebih mengulik.

Soalnya, tidak sedikit dari penyuka akselerasi mengandalkan part dari Fino Thailand buat di Yamaha Mio. Misalnya bagian puli depan atau rumah roller. Yamaha Fino yang aplikasi derajat kemiringan puli 14,5º, berkode 5 VV. Sedang puli di Yamaha Mio buatan Indonesia, berkode 5 LW. Puli ini, aplikasi derajat kemiringan 14º. Toh, anggapan tunner ketika aplikasi Puli Fino, top-speed skubek masih bisa bertambah. Karena belt bisa naik lebih tinggi.

Hadirnya Mio Fino dalam waktu dekat ini, buat mereka yang mau cari tentu tak perlu lagi belanja ke Thailand atau nunggu importir variasi dari Thailand menyediakan. Tapi, tinggal lirik Mio Fino aja.

Tapi, nanti dulu! Jangan keburu senang. Yuk kita cek kode part Mio Fino dulu. YIMM sudah melaunching paparan spare-parts lewat website resmi Yamaha. Padahal, motornya aja belum dilaunching. Di website bisa dilihat langsung harga dan juga kode komponen yang diinginkan. Yuk mari coba kita lihat di http://parts.yamaha-motor.co.id. Pertama kali, pilih volume mesin 111 – 125 di step 1. Lalu, lanjut ke step 2 dan pilih AF115C di nama model. Terakhir, pilih 2012 di tahun model (step 3).

Meski belum muncul gambar Mio Fino, tapi coba klik dan pilih nomor 17 (Side Cover). Nantinya bakal muncul bodi Fino berkode part bodi 1UB. Lalu, pilih Clutch di nomer 13. Di Fino, tertulis kode part 5 LW buat rumah roller. Toh, kode ini sama dengan milik Mio. Itu artinya puli tidak berbeda.

Penasaran, cek lagi kode part v-belt. Terbukti juga sama, yaitu 5 TL. Wah, sama ya!
(motorplus-online.com)

Penulis : Eka | Teks Editor : Nurfil | Foto : Dok. M+

Pasang Kopling 6 Per di Yamaha V-Ixion, Lebih Merata!


Agar tarikan Yamaha V-Ixion lebih sip, bisa upgrade rumah koplingnya. Pasang milik Yamaha New Jupiter MZ versi racing. Dilengkapi 6 per yang membuat tekanan lebih merata dibanding aslinya yang hanya 4 per.

Seperti yang sudah dilakukan Afandi dari Afandi Motor Sport (Afmos) di  Jl. Ciledug Raya No. 58B, Petukangan, Jakarta Selatan. Yuk, tiru cara pasangnya.


Proses awal, bongkar rumah kopling standar. Prosesnya sudah pasti bisa dikerjakan mekanik. Selanjutnya tinggal pasang satu set rumah kopling baru. Pasangkan dulu ringnya.

 
 
Pasang mangkok atau rumah kopling. Untuk mengunci mangkok ketika murnya dikencangkan, gunakan bantuan treker khusus. Kencangkan mur pengunci rumah kopling pakai kunci sok 19.


Setelah mangkok terpasang, rangkaikan pelat kopling ke dalam mangkok satu per satu. Enggak perlu pakai alat. Cukup pakai tangan. Tinggal ngepasin dengan bentuknya, hingga semua terpasang benar.

 
 
Setelah kampas kopling terpasang semua, lanjut memasang 6 per kopling pengganti. Satu per satu per kopling dipasang.  Lalu kencangkan tiap per dengan kunci T 10. Ingat sebelum dikencangkan, gunakan ring agar per tidak mudah goyang dan nempel sempurna.


Nah, kalau semua sudah terpasang, tarikan bisa lebih enak, karena tekanan lebih mereta. Buat biker yang perlu bantuan, Afandi siap melayani. "Kalau kurang jelas, silakan ke Afmos," ujar pria yang bisa dihubungi di 08788-008-1119. Siap bos... (motorplus-online.com) 

Penulis : Tining | Teks Editor : Nurfil | Foto : Yudi

Pilihan Knalpot Racing Honda BeAT, Bisa Untuk Scoopy dan Spacy!

Penjualan matik Honda yang semakin pesat ternyata juga membuat produk variasinya mulai banyak. Salah satunya adalah knalpot racing untuk Honda BeAT yang tersedia dalam berbagai merk dan tipe. Asiknya, knalpot ini juga bisa dipasang ke Scoopy dan Spacy yang punya mesin tidak jauh beda.

Hanya saja untuk Honda Spacy kendalanya posisi knalpot jadi lebih rendah ketimbang stopper engine sehingga harus sedikit berhati hati ketika melintasi handicap seperti polisi tidur. Yuk langsung tengok beberapa model yang ada di pasaran.


WRX
Brand knalpot lokal yang satu ini punya harga yang paling terjangkau! Padahal silencernya juga sudah terbuat dari stainless steel dengan muffler tip bergradasi kebiru biruan. Knalpot dengan pipa dari bahan galvanis ini punya dua versi yakni Racing yang dijual dengan harga Rp 300 ribu dan Kompetisi dengan banderol 350 ribu.

Kedua tipe ini memiliki perbedaan baik bentuk fisik maupun fungsi. Tipe Racing memiliki silencer panjang dengan suara yang tidak terlalu keras (low decibel). Sedangkan tipe Kompetisi menggunakan silencer yang lebih pendek sehingga bisa menghasilkan power yang lebih besar.
 


CLD
Dijual oleh Dodo Racing di Ciledug, merek ini terkenal dengan imagenya sebagai knalpot motor balap. CLD memiliki tiga varian yang semuanya terbuat dari bahan stainless steel. Tipe pertama yaitu CLD Racing yang diperuntukkan untuk skutik standar yang dijual dengan harga Rp 660 ribu.

Tipe kedua yaitu CLD Road Race juga dijual dengan harga yang sama yakni Rp 660 ribu. Walau bentuknya sekilas mirip dengan CLD Racing, CLD road race punya pipa yang lebih besar dengan silencer sedikit lebih pendek. Nah, CLD tipe Road Race ini cocok untuk pengguna Beat yang sudah mengalami modifikasi mesin seperti bore up.

Model terakhir adalah CLD Carbon yang memang menggunakan serat karbon asli di bagian silencernya. Penggunaan material eksotis ini memberikan tampilan yang lebih menarik serta bobot yang lebih ringan. Namun karena material serat karbon memang terkenal mahal, wajar jika CLD Carbon dibanderol dua kali lipat dibanding dua tipe sebelumnya yakni Rp 1,4 jutaan.


R9
Merek lokal berikutnya adalah brand Racing Generation alias R9. Knalpot dengan ciri khas silecer "half blue" ini hanya tersedia satu tipe yakni New Mugello yang dijual Rp 700 ribu. Terbuat dari stainless steel mengkilap dengan gradasi kebiruan. R9 New Mugello memang pas untuk pengguna BeAT yang mengutamakan performa sekaligus fashion.


Kawahara
Brand yang satu ini sudah cukup terkenal karena produk racing part khusus matik-nya yang berjibun. Mulai dari per CVT, roller hingga blok bore up!

Untuk knalpot sendiri Kawahara menawarkan K1 untuk harian, K2 untuk performance dan K3 yang dikhususkan hanya untuk balap. Namun yang paling populer adalah K2 yang memiliki performa paling bagus untuk motor harian khususnya yang sudah bore up. Tipe ini dijual dengan harga Rp 700 ribu ribu di R59 Matic Shop, Ciputat.
(motorplus-online.com)


Penulis : Abed | Teks Editor : Nurfil | Foto : Abed

Hand Guard Trail dan Supermoto, Mudah Dipasang!


Hand guard aslinya dipakai motor trail atau supermoto. Seperti hand guard model daun. Fungsi utamanya untuk menahan cipratan tanah, kerikil atau lumpur. Selain itu melindungi tuas rem atau kopling agar tidak patah ketika jatuh.

Untuk motor harian atau gaya-gayaan bisa pakai hand guard murah meriah ini.

Enaknya dalam pemasangan sengaja dibuat mudah. Tidak perlu ribet melubangi setang setir untuk bikin dudukan. Karena memasangnya hanya dikaitkan pada handel kopling atau tuas rem. Sehingga tidak perlu mekanik ahli dalam memasangnya.

Lebih sip lagi sodoran warna yang bisa dipilih bermacam-macam. Tinggal sesuaikan dengan warna tunggangan sampeyan.

Mendapatkannya cukup sediakan uang Rp 35 ribu. Sudah dapat satu set kiri dan kanan. Monggo meluncur menuju JMS Variasi di Jl. KH Abdul Halim, No. 518, Majalengka, Jawa Barat. HP 0853-2100-1845.
(motorplus-online.com)



Penulis : Aong | Teks Editor : Nurfil | Foto : Aong

Sandaran Kaki Skubek, Lebih Santai


Buat biker yang punya kaki panjang, saat riding dengan matik seringkali kaki terlalu nekuk. Apalagi sampai nekuknya hampir sejajar setang. Tentu mengganggu handling. Solusinya bisa pasang sandaran kaki di ujung depan dek.

Seperti yang ditawarkan Trentik Motor di Jl. Otista Raya No. 52, Jakarta Timur. "Dijual terpisah antara sandaran kaki dengan footstepnya. Sandaran kakinya saja cukup Rp 50 ribu," terang Kim, bos Trentik Motor yang bisa dihubungi di (021) 7012-1789.
(motorplus-online.com) 

Penulis : Tining | Teks Editor : Nurfil | Foto : Tining

Gir Set HRP, Punya Banyak Pilihan


Gir set depan-belakang baru saja diluncurkan Hendriansyah Racing Product (HRP), Jogja. Sproket yang berbahan besi ini punya banyak pilihan jumlah gigi. Buat gigi depan jumlah matanya ada pilihan 12-15 dan yang belakang 34-46 mata.

Harganya pun relatif terjangkau untuk kantong sobat. Semua ukuran sproket depan HRP dibanderol Rp 55 ribu dan gir belakang Rp 80 ribu.

Seandainya sobat beli gir depan-belakang berarti cukup keluar kangtaw Rp 133 ribu. “Sementara ini untuk semua bebek dan sport Yamaha dulu,” urai Hendriansyah, pemilik HRP, di Jl. Parangtritis Km. 4,5, Yogyakarta.

Gir depan-belakang HRP direkomendasi menggunakan rantai berukuran 415. Kalau dilihat dari ukuran rantai, sproket HRP akan lebih tipis dan ringan dibanding yang standar.

Jenis gir seperti ini lebih mengarah buat kebutuhan performance alias kompetisi. Tujuannya supaya daya yang dihasilkan dari mesin lebih maksimal ditransfer ke roda belakang.

Biar lebih jelas dan supaya enggak panik, silakan deh telepon ke markas pusat HRP di nomor (0274) 450467.
(motorplus-online.com)


Penulis : Niko | Teks Editor : Nurfil | Foto : Istimewa

Rumah Kopling 6 Kaki SYS, Untuk Performa yang Lebih Sip!

Pengguna motor korekan yang pastinya memiliki tenaga di atas standar tak jarang mengeluhkan akselarasinya masih yang kurang mantap. Padahal upgrade mesin sudah cukup banyak.

Jika demikian patut dicurigai bahwa masalahnya bisa jadi bukan pada ruang bakar tapi transmisi yang tak menyalurkan tenaga secara maksimal!

Artinya kopling juga harus diupgrade. Ultraspeed Racing menawarkan rumah kopling 6 kaki yang menjanjikan mampu mentransfer tenaga lebih baik dibandingkan rumah kopling standar pabrikan.

"Rumah kopling ini memiliki enam per jadi bisa mendekap kampas kopling dengan lebih merata" ujar Freddy Gautama pemilik Ultraspeed Racing.

Bahkan menurutnya selain memiliki kemampuan transfer tenaga yang lebih baik, Freddy mengklaim dengan menggunakan rumah kopling enam kaki ini tuas kopling akan lebih empuk dibandingkan dengan aslinya.

Produk dengan merek SYS ini tersedia untuk berbagai motor bebek seperti Yamaha Jupiter Z, Jupiter MX, Honda Grand dan Blade. Selain itu juga tersedia untuk motor sport 2tak legendaris RX King.

Harga untuk semua motor di atas dipatok sama yakni 350 ribu rupiah. Berminat? Silahkan sambangi bengkel yang ada di Jl. Haji Mencong, Ciledug, Tangerang. Atau telepon ke (021) 731-3886.
(motorplus-online.com) 

Penulis : Abed | Teks Editor : Nurfil | Foto : Abed

Knalpot AR-1 Untuk Kawasaki Ninja 250R, Dua Model Satu Harga


Header dan harga bikin istimewa!

Satu lagi keluar knalpot buat Kawasaki Ninja 250R buatan lokal. Pakai merek AR-1, huruf itu singkatan dari Anjany Racing. “100 persen buatan Japan alias Jalan Panjang,” sebut Angga Kurniawan, owner workshop yang terletak di Jl. Arteri Kelapa Dua (Jl. Panjang), No. 21, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Meski lokal, tapi Angga jaminan soal performa. “Sebenarnya spek racing, tapi juga bisa dipakai harian. Sudah diriset di motor balap. Hasilnya lebih responsif mulai 2.000 rpm sampai rpm peak power,” kata pria yang bisa dikontak di (021) 536-79239.

Keistimewaannya, knalpot stainless steel ini  ada pada desain header. Pakai sistem ukuran pipa bertingkat, jadi minim lekukan. Juga header bisa masuk lewat kolong engine. Bukan samping.

Ditawarkan Rp 3 juta, dua model muffler bisa dipilih. Baik itu tipe bulat atau tri oval, harga sama. “Harga knalpot harian tapi spek racing,” timpal pria yang Ninja 250R-nya juara nasional sport 250 cc 2011.  
(motorplus-online.com)
 
Penulis : Eka | Teks Editor : Nurfil | Foto : Boyo

Bolt On - Sokbreker Gazi, Ngejreng Untuk Mio


Akhir-akhir ini, tampilan warna motor jadi daya tarik tersendiri. Begitu juga variasi. Punya kelir-kelir menarik yang membuat konsumen kepincut untuk membelinya.

Salah satunya sokbreker Gazi. Didukung warna yang mencolok, bikin makin enak dipandang. "Satu set dilego Rp 550 ribu," terang Asang dari RPM Motor di Jl. Raya Bogor Km 28, Cibubur, Jakarta Timur.

Baru tersedia buat Yamaha Mio. Bagi yang punya Mio, buruan telepon Asang di 08211-2312-350. 
  (motorplus-online.com)
 
Penulis : Tining | Teks Editor : Nurfil | Foto : Tining

Rabu, 08 Februari 2012

Deltabox Yamaha V-Ixion, Tampil Lebih Kekar


Dari aluminium

Yamaha V-ixion standarnya sudah mengusung rangka model deltabox. Namun bisa dimaksimalkan lagi dengan pemasangan deltabox tambahan. Tentu akan jadi telihat lebih kekar.

Pemasangan deltabox baru ini membantu menutupi celah pada mesin yang ramping. Sehingga terlihat rapi dan padat. Motor pun jadi makin gagah. Jadinya makin banyak yang mau melihatnya.

 Deltabox tambahan ini bisa juga disebut deltabox kondom. Diluncurkan secara resmi oleh Inti Jaya Motor. Bahan dari aluminium yang dibuat hampir mendekati model tralis tapi kotak.

"Proses pemasangan gampang. Sudah tersedia baut yang memang disesuaikan dengan rangka asli V-ixion," terang Jacob Winata, dari Inti Jaya Motor yang buka toko di Jl. Kebon Jeruk V No. 260A, Sawah Besar, Kota, Jakarta Barat.

Disediakan tiga pilihan warna. Yaitu krom, hitam dan juga ada kombinasi krom dengan hitam. Harga satu set dipatok Rp 350 ribu. Kalau mau tanya lebih komplet lagi, langsung kontek ke nomor (021) 99799734.  (motorplus-online.com)
 
Penulis : Tining | Teks Editor : Nurfil | Foto : Tining

Ragam Hugger, Bikin Beda Kolong


Aneka model dari motor gede

Salah satu  tren yang akan berkembang di dunia modifikasi di 2012 ini adalah pemasangan produk yang bersifat bolt on atau plug N play. Sebab pemilik motor sekarang tidak ingin motornya lama ngejogrok di bengkel untuk modifikais. Teknik bolt on seperti tidak ada lagi istilah motor tinggal di bengkel.

Buat pengguna motor jenis sport atau batangan, variasi yang saat ini tenggah booming dan akan tetap marak di 2012 ini adalah pemasangan hugger. Kalau istilah awamnya sepatbor kolong.

Fenomena yang ada, tidak hanya sepatbornya saja, tapi lengkap dengan kondom arm. "Karena jika pasang hugger seperti ini, motor akan terlihat lebih kekar lantaran bentuk arm kelihatan lebih besar," kata Mantri dari Chips Motor (CM) yang banyak memproduksi hugger saat ini.

Misalnya hugger buat V-ixion, Byson, Ninja 150, Ninja 250R, CBR 150R dan 250R, Bajaj Pulsar serta banyak lainnya. "Tidak hanya buat motor berfairing, tapi bisa untuk semua aliran modif," timpal Jaedun Mukhtra alias Jeje dari JJ Airbruh yang juga memproduksi hugger saat ini.
 
 Arm jadi terlihat besar
Sacara model atau bentuknya sendiri saat ini sangat beragam. "Umumnya diambil dari motor gede (moge). Misalnya saja CBR 10000, ZX 10, GSX dan masih banyak lagi," cerita Mantri lagi.

Jeje juga sependapat. "Cukup modal kondom seperti ini sudah terlihat besar," katanya.

Tapi, tentu saja kedua produsen ini sepakat tidak menjiplak asli dari moge tersebut. Haruslah ada penyesuaian dengan jenis motor yang akan dipasangi hugger tersebut.

Karena sifatnya bolt on, maka untuk proses pemasangannya tinggal mengikuti baut-baut standar yang ada di arm. "Dipastikan tidak akan mengganggu kerja rantai dan juga tidak akan mengurangi ukuran maksimal ban yang biasa dipakai," celoteh Mantri.

Misalnya saja jika Byson bisa pakai ban belakang dengan ukuran 160 mm, maka jika dipasang hugger tetap bisa sampai ukuran tersebut. Jadi, tetap lebih oke. 
  (motorplus-online.com)
Penulis : Nurfil | Teks Editor : Nurfil | Foto : Yudi

Panel Spidometer Indiglow Vario Techno, Dua Warna Pendaran


Dilengkapi potensiometer buat atur cahaya

Pengin tampil beda lewat pendaran cahaya spidometer? Lirik saja indiglow ODC style buat Honda Vario CBS ini. Pakai merek Speedglow, meski panel dasar hitam tapi cahaya angka yang dihasilkan putih dengan pendaran biru di sekelilingnya. Part ini, bikinan Taiwan.

“Pemasangannya tidak sulit kok, konsep bolt-on. Jadi, tidak sampai melepas jarum spidometer segala. Efek jarum rusak, patah atau ngaco terhindarkan,” sahut Wira Santosa dari SACS, Asia Jaya Motor di Jl. Raya Pondok Gede No. 24, Jakarta Timur.

Selain lebih mendukung tampilan, indiglow punya kelebihan dalam pendaran cahaya. Yaitu, lebih rata dan lembut atawa soft ketimbang bohlam atau LED. “Part ini juga dilengkapi pengatur cahaya sehingga bisa pilih dua warna. Putih atau kekuningan cenderung mendekati coklat muda,” tambah Wira yang bisa dikontak di (021) 848-7623.

Yang mengatur pendaran cahaya, potensio meter. Part yang dijual Rp 280 ribu ini terdiri dari 4 soket. Tapi, sejatinya hanya satu yang dipakai. “Itu karena mesin indiglow dibikin universal,” tutup pria berkaca mata itu. Pasang?   
(motorplus-online.com)
Penulis : Eka | Teks Editor : Nurfil | Foto : GT

Filter Karburator Ngejreng, Cuma Rp 50 Ribu


Filter karburator, tidak hanya bentuk saja yang bermacam-macam. Kini warnanya pun lebih menarik. Ngejreng. Seperti yang ditawarkan HNS Motorparts di Jl. Kebon Jeruk III No. 49, Jakarta Barat.

"Bentuknya sih model lama, tapi warnanya menarik. Karena sekarang masyarakat lebih suka variasi kelir untuk tampilan motor yang unik," terang Hendy Jaya, juragan HNS Motoparts yang bisa ditelepon di 08170-84-8888.

Soal harganya Rp 50 ribu. Tertarik? 
   (motorplus-online.com)
Penulis : Tining | Teks Editor : Nurfil | Foto : Tining

Pilihan Bore Up Honda Spacy, Ada Paket Atau Korter Sendiri


Meningkatkan performa motor kesayangan dengan teknik bore up kini semakin menjadi trend yang populer di kalangan pembesut skubek. Hal ini tentunya juga berlaku untuk Spacy Helm In.

Meski tergolong motor baru, tapi beberapa racing part-nya bisa saling tukar dengan Honda BeAT, termasuk paket bore up. Artiya enggak perlu repot kan! 

"Iya bisa pake blok silinder dan piston buat Honda Beat, mesinnya kan sama hampir sama jadi bisa saling pakai," yakin Ergus Oei, owner R59 Matic Shop Ciputat

Namun sayangnya pilihan paket bore up untuk Honda Beat pun masih sangat minim. Salah satu yang cukup eksis adalah produk Kawahara. Bengkel yang terletak di Jl. Dewi Sartika no.32, Ciputat ini membanderol paket ini dengan harga Rp 800 ribuan.

"Paket blok ini pakai piston berdiameter 54,5 mm yang membuat kapasitas mesin Spacy bertambah menjadi 130 cc," ungkap pemilik tim balap Honda di Indoprix ini.

Kalau yang mau sedikit repot, Agus dari Matic Shop Ciledug menawarkan bore up dengan menggunakan piston Izumi 55 mm yang dibanderol cuma seharga Rp 300 ribu termasuk ongkos pasang.

"Tapi itu belum termasuk ongkos korter dan penambahan part lainnya ya!" tambah Agus dari bengkelnya di Jl. Ciledug Raya Larangan 11B Tangerang. Berminat?
(motorplus-online.com) 

Penulis : Abed | Teks Editor : Nurfil | Foto : Abed

Kondom Tangki Ninja 250R, Seolah Ada Tank Pad-nya

Desain kondom tanki untuk Ninja 250R kian beragam. Produsennya berlomba-lomba menciptakan bentuk yang lebih menarik. Salah satunya kondom tanki yang ditawarkan Zico Motorsport ini.

Kesan tiga dimensinya semakin menonjol setelah beberapa bagian dibuat menonjol dan dilabur warna hitam. Seperti yang bisa dilihat pada area sekitar tutup tangki dan di bagian belakang yang dibuat menyerupai tank pad.

"Iya, seolah sudah ada tank pad-nya. Bahannya terbuat dari fiber dan ada beberapa pilihan warna," ungkap Aji Pratama, pemilik Zico Motorsport yang menawarkan kondom ini dengan harga jual Rp 600 ribu.

Kalau mau tanya-tanya atau langsung menebusnya silahkan kontak ke 08979233277. Ata langsung meluncur ke bengkel yang mulai bulan Februari 2012 pindah ke Jl Sawah Besar no 23, Jakarta Pusat.
(motorplus-online.com) 

Penulis : Popo | Teks Editor : Nurfil | Foto : Popo

Sok Depan Yamaha Byson, Jadi Incaran Builder


Ada beberapa patokan ideal untuk desain jap’s, choppers, pro street dan modifikasi lainnya. Paling utama, peranti pendukung yang kokoh dan terkesan muscle. Tentunya fungsinya juga maksimal, bisa meningkatkan performa dan menjamin kenyamanan. Salah satunya peredam kejut alias sok depan.

Kehadiran Yamaha Byson misalnya, enggak cuma disambut antusias sebagai salah satu pilihan daily rider. Tapi, beberapa partnya jadi incaran. Di Kalangan builder, sok Byson menjadi salah satu idola sekarang ini.

”Sangat ideal untuk motor-motor modifikasi, baik choppers ataupun jap’s juga braty,” buka Moch. Safei alias Pei, punggawa 52 Custom di Kunciran, Tangerang.

Untuk motor-motor produksi masal, diameter sok depan memang paling besar yakni 41 mm. Seukuran punya moge.”Klien di bengkel saya juga banyak yang pake. Suka karena diameter as-nya gede itu,” jelas Eric Ariyanto dari Pit Bike di Jakarta Barat.

Sampai saat ini, sok depan Byson dianggap paling gede untuk motor lokalan. Dibanding Kawasaki Ninja 250R saja, sok punya Byson tetap lebih gede. Sehingga terlihat kokoh atau kekar.

Kalau dulu yang diburu punya Ninja 150, kini sok Byson penggantinya. Dulu punya Ninja 150 juga laris-manis seperti punya Byson. Namun kini pamornya hilang dimakan Byson.

Khusus sok Byson, bukan cuma diameter asnya yang gede. Juga memiliki segitiga yang lebar. Sehingga bisa dipasangi pelek yang lebar juga. Masuk sampai 3,5 inci,” tambah Eric yang bengkelnya spesialis Yamaha Scorpio itu.

Sebagai pebengkel dia juga ngasih solusi mendapatkannya. ”Untuk sok komplit dengan T atas-bawah, seharga Rp 1,7 juta,” kata Eric.

Harga segitu belum termasuk ongkos pasang. Apalagi kalau diterap di motor lain. Harus ganti as komstir yang tentu saja bisa memindahkan dari as standarnya.

Ketengan teknis lebih banyak, Pei dan Eric mempersilakan untuk konsultasi. Pei bisa dikontak di 085714666775 dan Eric  di (021) 28899980
. (motorplus-online.com)


Penulis : Isf@n | Teks Editor : Nurfil | Foto : Endro

Paket Bodi Kawasaki KLX 150S, Dari Plastik Nih!


Lengkap satu set,, tinggal pasang

Dulu pernah nongol bodi set Kawasaki KLX 150S. Namun masih terbuat dari bahan PVC. Kini nongol lagi dari material plastik. Sehingga lebih ringan dan lentur.

Meski belum banyak KLX 150 yang ganti bodi, namun motor jenis lain banyak yang kepingin dimodif jadi seperti motor 150 cc itu. Terutama mau dipakai untuk adventure atau grasstrack.

Cara paling mudah menggunakan paket bodi plastik ini. Enaknya kini dijual satu set. Sudah dilengkapi tangki plus tutup, jok, sayap, bodi belakang dan sepatbor. Bahkan sudah termasuk tempat untuk nomer start.

Enaknya terdapat beberapa pilihan warna. Kelir bisa menyesuaikan basic motor standar seperti tercantum di STNK. Dipakai harian lebih aman dan tak perlu mengecat ulang. Pilihannya warnanya yaitu merah, kuning, hijau, putih dan hitam.

Harganya sudah tentu lebih mahal dibanding bahan PVC. Satu set dijual Rp 1 juta. Bagi yang berminat silakan kunjungi Kurnia Pratama Motor di Jl. Hayam Wuruk No. 24-7G, Tanjung Karang, Bandar Lampung. Telp. (0721) 256863.
   (motorplus-online.com)
 
Penulis : Obet | Teks Editor : Nurfil | Foto : Obet

Lapisan Pendingin Jok, Cuma Rp 100 Ribuan


Biker yang sering menempuh jarak jauh, kenyaman jok sangat penting. Itu yang membuat Kim dari TrenTik Motor di Jl. Otista Raya No. 52, Jakarta Timur, kasih tawaran menarik buat mengusir panas di jok. Yaitu lapisan pendingin jok.

"Membantu sirkulasi udara antara jok dengan pantat. Sehingga tetap nyaman dan semriwing," terang Kim.

Lapisan merek Cooltech ini bisa dipakai untuk semua tipe motor. Satunya dilego Rp 110 ribu. Mau tanya spek kompletnya silakan kontak (021) 70121789.     (motorplus-online.com)
 
Penulis : Tining | Teks Editor : Nurfil | Foto : Tining 

Selasa, 07 Februari 2012

Oli Cooler Baru, Lebih Panjang dan Lebar


Bidang kontak dengan udara lebih lebar

Motor yang sudah mengalami bore up, mesinnya terasa lebih panas. Untuk itu perlu dipasang oil cooler yang fungsinya membantu menjaga suhu mesin tidak terlalu cepat panas.

Oil Cooler yang selama ini ada di pasaran ukurannya kecil, bidang kontak dengan udara lebih sedikit. Berbeda dengan yang ditawarkan Emin Susanto dari Hidup Baru Motor. “Lebih panjang dan lebih lebar daripada yang selama ini ada di pasaran,” jelas Emin

Panjangnya 250 mm dan lebarnya 70 mm. Selain lebih besar, jumlah row-atau kisi-kisinya juga lebih banyak. Satu paketnya dijual Rp 500 ribu.

Namun akibat pemasangan oil cooler ini akan mempengaruhi oli yang harus dimasukkan ke dalam mesin. Harus lebih banyak. Karena di dalam oil cooler juga terdapat ruangan yang terisi pelumas.

Keterangan lebih lanjut, langsung saja menuju Jl. Ciledug Raya No. 8, Petukangan Utara, Jakarta Selatan. Atau kontak dulu ke 0817-0070-128. Monggo.    (motorplus-online.com)
 
Penulis : Tining | Teks Editor : Nurfil | Foto : Yudi

Em-Plus Garage - Tas Perlengkapan Balap Cuma Dibanderol Rp 800 Ribu!


Desain ciamik harga bersahabat

Agar terkesan rapi dan enggak repot dibawa, tentunya pakaian dan perlengkapan balap kudu diletakkan disatu wadah. Yup! Pakai tas khusus seperti yang ditawarkan Hendriansyah Racing Product (HRP) ini. “Desain yang disodorkan agak mirip RS Taichi. Panjang 95cm, tinggi bisa sampai 40cm,” ungkap Hendriansyah selaku owner HRP dari gerainya di Jl. Parangtritis, KM 4,5, Yogyakarta.

Bahan yang ditawarkan sudah aplikasi dari parasut. Jadi, bisa tahan terhadap air. Tapi tentunya, tas ini juga sudah dilengkapi busa tebal. Maka itu, bentuk tas tetap terlihat meski disesaki helm, pakaian balap alias racing suit, sepatu dan tentunya juga sarung tangan."Juga sudah dilengkapi dengan trolley, jadi lebih mudah dibawa,” tambah pria yang oleh MOTOR Plus dapat julukan Dewa Road Race Indonesia ini.

Menariknya lagi di soal harga. Cuma Rp 800 ribu. Tentunya, ini jauh lebih murah di bawah harga tas perlengkapan balap buatan luar. Kalau memang tertarik, kontak langsung ke Hendriansyah Motor Sport di nomor telepon (0274) 450467.   (motorplus-online.com)
 
Penulis : Eka | Teks Editor : Nurfil | Foto : Ajie

Stabilizer Rantai Gaul Dari Thailand


Rantai roda kerap kencang-kendor. Solusi paling gampang, banyak biker yang pasang stabilizer rantai. Seperti stabilizer rantai merek Racing Gang (RG) buatan Thailand ini. Jadi, secara otomatis distabilkan.

Penjualnya Puk Khim Bui  dari Kimko Motor di Jl. Puri Beta Town Square No. 9-10 Lot 1, Ciledug, Tangerang. Tersedia 3 warna pilihan, biru, gold dan coklat.  

Satu bijinya dilego Rp 200 ribu. Buat yang tertarik bisa langsung kontak Kimko Motor di HP 0838-9953-4656.   (motorplus-online.com)
 
Penulis : Tining | Teks Editor : Nurfil | Foto : Tining

Cover Single Sitter Kawasaki Ninja 250R, Desain Lokal


Asmu alias asal nemu

Pemasangan single seatter di motor sport seperti Kawasaki Ninja 250R memang banyak yang mengaplikasi. Karena itulah, Lusep Sugiharto dari Motolab mencoba berkreasi membuat design yang unik dan beda dari umumnya. 

"Jika selama ini banyak yang nanya atau mikirnya single seatter itu dari moge, saya buat sendiri desain baru. Ini kali bisa disebut model Asmu alias asal nemu," kata Lusep. 

Untuk materialnya, Motolab menggunakan bahan fiber. "Cukup pede bersaing dengan plastik karena yang dijual desain yang berkelas seperti ini," ungkapnya percaya diri.

Karena konsepnya bolt on, sudah pasti siap pasang di jok Ninja 250R. "Dijamin tidak akan merepotkan saat pemasangan," kata pria berkaca mata ini.

Untuk pilihan warna, saat ini dihadirkan ke pasaran sesuai kelir standar motor. Hijau, merah dan biru. Produk ini dijual dengan bandrol eceran tertinggi Rp 400 ribu.

Jika berminat bisa menghubungi M7 dengan alamat Jl. Kebon Manggu, No. 7, Bandung. Telepon 0818-0961-1777.    (motorplus-online.com)
 
Penulis : Nurfil | Teks Editor : Nurfil | Foto : GT

Rasio Lengkap Honda Blade dan Supra X125, Dijual Ketengan


Kebutuhan sesuai trek

Konon gigi rasio Honda Blade dan Supra X125 yang dikeluarkan ADR Speed sudah melewati tahap tes. Selain diuji buat arena balap jalanan, juga sudah digunakan lebih dari setahun untuk road race di tingkat MotoPrix dan IndoPrix. Hasilnya berarti sudah bisa dirasakan.

“Perbandingan gigi depan-belakang tergantung kebutuhan. Tinggal permintaan saja,” kata Adriansyah, bos ADR Speed yang bermarkas di Penggilingan Raya, Kompleks Taman Pulo Indah, Blok L, No. 24, Jakarta Timur.

Contoh gir yang biasa dipakai untuk road race di Honda Blade. Gigi 1 13/31 atau  13/28 dan gigi 2 21/27. Perbandingan akan berubah sesuai karakter sirkuitnya. Misal Kenjeran dan Sentul berbeda treknya, pilihan rasionya juga berbeda.

“Per piece Rp 400 ribu untuk Blade dan Supra X125. Soal perbandingannya untuk trek panjang atau pendek, lengkap. Tinggal menyesuaikan kebutuhan,” tutup Adri yang bisa ditelepon di nomor (021) 4800956.  (motorplus-online.com)
 
Penulis : Niko | Teks Editor : Nurfil | Foto : Endro

Kondom Tangki Ninja 150RR, Desain Original

Pecinta Kawasaki Ninja 150RR yang gemar modifikasi disodorkan lagi dengan variasi menarik. Kali ini, datang dari produsen bodi part Chips Motor.

Sebuah kondom tangki dengan desain terbaru diyakini bisa bikin tampilan motor sport 2 tak ini makin kekar. "Desainnya original, semua produk keluaran Chips menggunakan desain sendiri," ungkap Mantri, pemilik Chips Motor.

Kondom tanki ini dilepas dengan harga Rp 500 ribu. Selain mudah pemasangannya ke tanki standar bawaan motor, pilihan warnanya juga melimpah. Totalnya ada 7 pilihan warna.

Untuk pemesanan bisa mampir ke Jl Pos Pengumben Raya nomor 33c, Joglo Jakarta Barat. Atau hubungi 0816 4841 546. (motorplus-online.com) 
 
Penulis : Popo | Teks Editor : Nurfil | Foto : Popo

Ragam Komponen Bodi Kinclong, Kembali Booming (Bag.2-Habis)

 
 
Teromol Dan Jari-Jari
Untuk urusan roda, tren warna pelangi kembali banyak diminati. Khususnya untuk teromol dan jari-jari. "Permintaan produk seperti ini terus ada akhir-akhir ini," kata Aphin dari Surya Motor. 

Ada beberapa pilihan. "Tapi, merek yang saat ini banyak peminatnya Osaki," lanjutnya. Produk ini  seperti pelangi karena bisa terlihat memiliki beberapa warna. Teromolnya saat ini tersedia untuk skubek Honda dan Yamaha.

Untuk harganyanya masih belum terlalu mahal. Teromol Rp 550 ribu per set, sedangkan jari-jarinya Rp 250 per set. Peminat bisa menghubungi Surya Motor di Petos Puri Beta, Blok B, No.1. Telepon (021) 7312527.   

Kaliper
vSatu bagian lagi di roda yang sekarang mulai banyak berwarna adalah kaliper rem. Jika produk standar hanya hitam polos, sekarang lebih meriah jika menggunakan produk variasi.

Misalnya saja produk yang ditawarkan KTC. Bisa digunakan untuk semua motor, sehingga banyak dipakai modifikator.

Tersedia 4 pilihan warna. Ada biru, merah, gold dan silver. Untuk kualitas, merek KTC sudah cukup bisa dipercaya. Selain warna, model atau bentuknya juga menarik.

Harganya dibanderol Rp 600 ribu. Peminat bisa menghubungi S Motor di Bates, Ciledug. Telepon (021) 7359749.  


Ring Dan Baut Bodi
Mungkin tidak banyak yang menduga. Terlihat kecil dan sepele namun termasuk paling banyak dicari. "Penjualan baut dan ring seperti ini sangat tinggi. Banyak yang cari, lho," kata Willy Dreskandar dari F16 Motor.

Baut dan ring ini mulai dari untuk cover bodi sampai bagian lainnya di motor. Warna yang paling umum memang biru, seperti yang diperkenalkan merek Posh dulu.

Tersedia dalam berbagai ukuran. Mulai dari baut 8 sampai 14. Harganya murah, sehingga benar-benar menarik. Mulai Rp 2.500 sampai 9.000.  Berminat? Sambangi F16 Motor di Jl. Ciledug Raya, No. 16. Telepon (021) 73446678.     


Handle Rem
Sejak lama handle rem atau kopling digonta-ganti pengguna motor. Alasan yang paling klasik, cari model dan warna yang pas serta sesuai selera. Contoh produk berlabel RC 3 ini.  

Produk ini memiliki fitur adjustable. Selain itu juga diklaim anti-patah. Saat ini RC 3 memiliki 4 pilihan warna. Ada merah, hitam, biru dan silver.

Menurut Doni Abaw dari Asia Motor selaku produsen. Katanya sudah diuji di arena balap. Saat ini handle rem yang eye catching ini dibanderol Rp 375 ribu.

Peminat bisa hubungi Asia Motor di Jl. Otista No. 41, Tangerang. Teleponnya (021) 5587850.   


Tutup Master Rem
Mungkin banyak yang tidak memperhatikan tutup master rem atas ini. Hal itu karena posisinya yang kecil. Tapi, bagi yang ingin tampil full fashion, wajib hukumnya memasang variasi ini juga. Apalagi jika sudah ganti setang.  Sebab saat ini sudah banyak beredar dengan pilihan aneka warna. 

Untuk memasangnya tentu saja sangat gampang. Karena mengikuti bentuk aslinya dan tinggal pasang mengikuti baut standar. Beberapa  merek malah membekali dengan baut baru yang juga kinclong. 

Produk ini bisa didapatkan di BSM (Bikers Shelter Modifikator). Alamatnya di Jl. Aria Putera, No. 89, Sarua Indah, Ciputat. Telepon (021) 99051976.   (motorplus-online.com)
 
Penulis : Nurfil | Teks Editor : Nurfil | Foto : Yudi

Ragam Komponen Bodi Kinclong, Kembali Booming (Bag.1)

 
 
Kata orang, dunia modifikasi seperti fashion, terus berputar. Mulai akhir 2011 ini sebenarnya sudah bisa ditebak apa yang akan digemari di tahun mendatang. Khusus untuk urusan produk variasi atau bolt on di bodi motor, trennya kembali ke arah kinclong.

Penggunaan variasi kinclong atau yang mempunya warna-warni berani itu hampir di semua bagian motor. Mulai dari bawah sampai atas, semuanya serba kinclong. Tak hanya skubek, tapi bebek dan sport pun siap tampil dengan variasi seperti ini.

Tutup CVT
Cover CVT bagian di skubek, sejak dulu termasuk yang wajib diganti jika ingin tampil fashion. Sebab mempunyai dimensi yang cukup besar dan pilihan variasinya juga banyak. 

Saat ini tersedia beberapa model baru. Pertama model transparan tapi berwarna. Transparan itu karena jika dipasang, jeroan CVT tetap terlihat. Ada yang bening warna biru, merah dan lainnya.

Selain itu juga ada yang warna-warni tapi tidak bening. Ada merah, gold dan silver. Terbuat dari bahan plastik. Harganya mulai Rp 90 ribu sampai Rp 110 ribu. Bisa hubungi Asa Motor di Jl. Saharjo No. 116, Manggarai, Jakarta Selatan. Teleponnya (021) 44361220. 


Hand Grip
Handgrip termasuk produk variasi yang diminati. Banyak motor yang meskipun tergolong baru, sudah mengganti handgrip standarnya. Saat ini ada beberapa pilihan atau model di pasaran. 

Pertama, dua warna. Artinya karet pegangannya tetap hitam. Hanya bagian di sekitarnya yang mengilap. Bisa silver, biru, merah bahkan pink.

Selain itu ada juga yang silver seluruhnya. Artinya seperti aluminium. Bagian ujungnya ada yang berbentuk tengkorak dan ada juga runcing. Harga mulai Rp 35-100 ribu. Bisa kontak Mawar Motor di (0451) 460079. Jl. WR Supratman No. 17, Palu, Sulawesi Tengah. 


Spion
Penggantian kaca spion juga banyak dilakukan. Karena termasuk peranti safety, perlu diperhatikan desain dan fungsinya. Jangan menggunakan spion asal karena batangnya pendek namun tak bisa melihat ke belakang.

Nah, spion ini sudah memenuhi syarat safety tadi. Tak hanya itu, unsur fashionnya juga sangat menonjol. Hal itu karena bagian belakang dan juga batangnya berwarna-warni. Misalnya biru dan merah.

Selain itu juga ada yang silver mengilap karena dilapis krom. Harganya hanya Rp 100 ribu. Peminat Mawar Motor di Jl. Pattimura, No. 99, Samarinda, Kalimantan Timur. Telepon (0541) 265407.



Khusus Ninja Dan CBR
Saat ini, Ninja 250R dan CBR 250R juga sudah tersedia produk bolt on yang identik dengan kinclong. Salah satunya yang lagi ramai peminat adalah XRace. Merek ini memang khusus untuk motor 250 cc ke atas saja. 

Menurut Leo dari XRace, mereka punya beberapa produk. Mulai footstep, tutup kaliper, cover engine, frame slider, sampai triple clap atau segitiga atas.

Untuk harganya tentu saja menyesuaikan konsumen motor sport ini. Mulai dari Rp 600 ribu sampai Rp 2,5 juta. Bisa hubungi baru Motor Sport (BMS) di Jl. Palmerah Barat No. 25, Jakarta Pusat. Telepon 0819-1511-3717.  (motorplus-online.com)
 
Penulis : Nurfil | Teks Editor : Nurfil | Foto : Yudi

Puli Set DLH, Lengkap Dengan 9 Roller dan Per


Dijual satu set lengkap
Belum ada puli yang dijual lengkap dengan beberapa pilihan berat roller. Kecuali puli set yang diluncurkan merek DLH. Dilengkapi 9 roller dengan 3 pilihan berat.

Khusus untuk Yamaha Mio, terdapat 3 roller 7 gram, 3 roller 8 gram dan 3 roller 10 gram. “Dalam pemakaian tergantung setingan mesin atau trek yang dilalui,” buka Tonny dari RPM Speed Shop.

Sedangkan untuk Honda BeAT bobot rollernya berbeda lagi. Ada 9 dengan masing-masing 3 pilihan bobot. Yaitu 8 gram, 9 gram dan 10 gram.

Selain dilengkapi dengan roller yang banyak, juga tersedia tutup pulinya. Serta ada bushing untuk pemasangan di as puli.

Paling penting lagi, tersedia per untuk kampas puli belakang. Per ini sebagai pengatur buka-tutup kampas puli ketika akselerasi dan deselerasi.

Info lebih banyak, silakan ke Jl. Ahmad Yani No. 7, Jatibarang, Indramayu. HP 082-120-902-777. Jangan lupa bawa uang Rp 200 ribu buat menebusnya.  
 
 
Penulis : Obet | Teks Editor : Nurfil | Foto : Obet