Senin, 29 November 2010

PERBESAR, OLI LANCAR



6189paking-satria-adib.jpgHati-hati beli paking bak kopling aftermarket buat Suzuki Satria F-150. Paking bak kopling Satria F 150 bisa jadi salah satu penyebab mesin cepat panas karena volume oli naik ke kepala silinder berkurang.

“Banyak yang beranggapan kalau ada masalah pada sistem pelumasan. Pas dicek enggak tahunya gasket imitasi agak menutup jalur pelumasan. Makanya, mesin jadi cepat panas,” ujar Hasan Basri, mekanik yang juga pemilik bengkel Hasan Motor, Jakarta Barat.

Memang, efek kurangnya debit pelumas untuk mendinginkan mesin dampaknya jadi ruaar biasa. Komponen di mesin akan cepat aus dan minimal, misal sim di DOHC F-150, akan menipis.

“Caranya simpel kok. Perbesar aja lubang oli di paking sebelum dipasang ke bak kopling. Samakan lebar dan panjangnya dengan lubang jalur oli yang ada di Satria F,” ulas Hasan yang bermarkas di Kelapa Dua, Jakarta Barat.

Artinya bukan masalah kalau sampeyan beli gasket bak kopling F-150 aftermarket. Memang, beli paking yang non genuine part dibanderol lebih mahal sekitar Rp 50 ribuan. Tapi, paking keluaran merek yang bukan Suzuki Genuine Part (SGP) satu set dengan paking bak kiri dan gasket blok atas bawah.

Dibandingkan dengan paking F-150 berlabel SGP harganya Rp 16 ribuan. Tapi, banderol Rp 16 ribuan hanya dapat gasket bak kopling aja. Kualitas pastinya enggak perlu diragukan lagi. Itu karena paking SGP sudah sesuai dengan rekomendasi pabrik Suzuki.

Silakan pilih. Seandainya susah cari yang label SGP, pilih versi after market. Tapi, jangan perbesar lubang oli.

Penulis/Foto : Niko/Adib

PUNYA KEMIRIPAN



6186beda-per-cvt-dvd-1.jpgBelum cukup mengulik engine tanpa memainkan peran per di sekitar rumah CVT. Setidaknya, dua per bisa disentuh demi menggapai akselerasi yang sempurna buat pacuan. Yaitu, per CVT dan per di kampas kopling.

Mulai dari per CVT dulu. Di pasaran banyak dijual beragam per penekan puli sekunder ini. Malah, macam kue atau baju yang dihias dengan warna menarik sehingga mampu memikat pembeli.

Gitu juga per CVT. Di pasaran, part aftermarket yang memiliki kekerasan pegas lebih keras dari per standar, juga dijual dengan warna berbeda. Itu ada tujuannya. Misal di TDR, CLD, Kawahara atau Kitaco. Warna dipakai buat membedakan tingkat kekerasan per.6187beda-per-cvt-dvd-2.jpg

"Mulai dari 1.000, 1.500 hingga 2.000 rpm, punya warna beda. Semakin besar rpm, semakin keras per,” bilang Agus dari Tomson Matic Shop di Jl. Ciledug Raya, Ruko Puri Beta Gold Land, No. 3, Larangan, Ciledug, Tangerang.

Untuk aplikasi per CVT, tidak ada salahnya disesuaikan dengan kebutuhan dan besarnya kapasitas mesin atau power di pacuan. Misalnya, buat keperluan harian yang cenderung buka-tutup gas.

"Kalau sering alami stop and go, bisa pakai per lebih keras. Misal, 1.500 rpm. Tapi, top speed akan dikorbankan,” tambah Agus. Sebab per yang lebih keras, belt tidak turun habis menekan sliding sheave. Putaran mesin terasa tertahan sebatas kekuatan belt menekan per. Bisa juga diimbangi roller lebih berat biar top speed bisa lebih tinggi.

6188beda-per-cvt-dvd-3.jpgBerbeda jika power mesin lebih besar atau butuh karakter engine di putaran menengah ke atas. Dengan power yang lebih besar dan per sedikit lebih lembek, belt akan habis berputar hingga maksimal menekan puli sekunder.

Misal di skubek dengan isi silinder 150 cc dengan spek racing. Power bisa bermain di 14 dk ke atas. Dengan begitu delivery power ke CVT jadi lebih besar.

"Untuk ini, dibutuhkan per dengan kekerasan melebihi pegas standar. Jadi, akselerasi awal tak selip,” tambah Agus sambil bilang biasanya skubek 150 cc pakai per 1.500 rpm. Memang! Tak sedikit motor balap utamakan karakter mesin di rpm tengah-atas. Dengan per itu, akselerasi bawah gak selip, atas juga jalan.

Lanjut ke per kampas kopling. Tiga per di kampas kopling ini juga punya tingkat kekerasan. Tapi menurut yang sudah seting per kampas kopling, peran pegas ini tidak jauh beda dengan ganti per CVT. Per kampas yang lebih keras, pacuan punya karakter bermain di putaran tengah-atas.

"Karakter yang diberikan sama seperti ganti per CVT. Buka-bukaan motor terasa lebih enak di putaran tengah-atas,” ujar Bram Prasetya, racer asal Jakarta.

Akali putaran bawah, biasanya tinggal sesuaikan roller. Kalau butuh akselerasi cepat, pakai roller ringan. Gitu!

Penulis/Foto : Eka/David

SETING JARAK AMAN


6214posisi-hendel---endro-1.jpgMelakukan perjalanan jauh seperti saat turing, performa motor dituntut sempurna. Komponen vital yang wajib dijaga kinerjanya adalah kopling. Tanpa didukung peranti ini, jalan motor dijamin enggak bakal normal. Kadang selip waktu digas sampai susah pindah gigi.6215servis-kopling-adib-2.jpg

Untuk itu, sebelum lakukan perjalan jauh dianjurkan memeriksa kondisi kopling. “Bisa dimulai dari cek kualitas oli. apa sudah sesuai spek dan volumenya, ketebalan kampas kopling sampai setelan bebasnya,” buka Asep Lukman, mekanik Depok Motor Sport (DMS).

Tenaga maksimal ditentukan kualitas kampas dan pelat kopling dan juga oli. tentunya. Namun mudahnya perpindahan gigi sangat tergatung pada setelan kopling masing-masing motor.

Berhubung di motor ada dua tipe kopling yaitu manual (tipe sport) dan otomatis (bebek), cara setel untuk mencari celah, bebas atau jeda pun berbeda. Model kopling manual, tuas di setang dan di bak mesin dibikin agak bebas. Jaraknya sekitar 1 cm atau tergantung selera.

"Kalau di bebek setelannya ada di bak mesin. Jeda bisa dicek dengan menekan batang persneling jarak maksimalnya 5 mm. Jeda ini untuk mensiasati kampas tidak selip,” lanjut pria yag praktik di Jl. Tembusan Juanda, Depok II Tengah, Depok. Coba deh dicek!

Penulis/Foto : Kris/Adib

BUTUH KEMIRINGAN



6213pully-dvd.jpgDi pasaran tersedia beragam merek puli atau rumah roller dengan kemiringan sudut berbeda. Ya, berbeda dari standar yang 14º. Misalnya merek; Kawahara tipe K1, TDR, RRGS dan merek lainnya. Sudut yang dimiliki puli ini, bermain di angka 13,5º.

“Perbedaan sudut ini akan membuat belt naik lebih cepat atau bahkan lebih lama sehingga nafas jadi lebih panjang,” bilang Mariasan Kocek, mekanik workshop JP Racing di Jl. Cendrawasih, Kp. Sawah, Ciputat, Tangerang.

Menurut Kocek, buat memilih sudut pulley sebaiknya sesuaikan sendiri dengan engine pacuan. Ya. Misalnya, engine bermain di atas angka 175 cc ke atas atau justru di bawahnya.

“Semakin besar kapasitas mesin, saya gunakan puli yang derajat kemiringannya makin rendah. Misal, 13º atau bahkan 12º,” ujar mekanik tim balap JP Racing Kawahara ini.

Dengan kemiringan yang ada, belt jadi agak lama naik dan nafas pun enggak cepat habis. Maklum, kan power motor makin besar seiring kapasitas mesin yang melonjak.

“Makin panjangnya nafas itu, bisa juga ditentukan dari besarnya diameter puli. Semakin besar, tentu nafas juga semakin panjang kan,” aku Benny Rachmawan, Marketing & Product Development PT Mitra2000, distributor TDR.

Begitu juga dengan kebutuhan riding. Misalnya trek pendek atau panjang. Ini juga bisa menentukan pemilihan derajat kemiringan pulley. Oh ya, baiknya kemiringan puli itu diikuti dengan puli lawannya ya. Belt naik jadi rata!

Penulis/Foto : Eka/David

SETING STANDAR MESIN AMAN



6264mesin-skubek-dvd.jpgTunggangan sekarang nggak kayak dulu, jarang mogok. Kecuali bensin habis, terendam air atau pengapian DC akinya soak. Sebab selain konstruksi mesin lebih baik juga kompak, pengapiannya juga sudah pakai CDI.

Seperti mesin yang diusung skubek. Ruang mesin dengan komponen pemindah daya dibikin terpisah, namun tetap saling dukung. Sehingga untuk lakukan perawatan berkala pun dilakukan terpisah.

Makanya mesti diperhatiin jangan cuma komponen vital di rumah CVT aja. Mesin sebagai pendongkrak tenaga skubek juga wajib dilakukan servis berkala.

“Seperti servis karburator, setel celah klep, bersihkan filter udara dan yang pasti ganti oli. Kalau itu sudah dilakukan efeknya bensin gak boros, efesiensi waktu dan enggak capek di jalan,” wanti Didin Rasidin, mekanik Bike Point Oryx Motor di Jl. Cipatik No. 46, Soreang-Bandung.

Untuk servis karbu skubek standar, saran Didin cukup membersihkan kotoran di bak dan lubang aliran. Soal ukuran setelan udara, baiknya sesuaikan pentunjuk buku manual masing-masing. Tidak lupa ganti filter udara jika kotoran sulit dibersihkan.

Begitu pula setelan klep in dan out di semua skubek. Celah jangan dibikin rengang dari ukuran yang dianjurkan pabrik. Hal itu akan berdampak pada minimnya pasokan gas bakar yang berujung pada naiknya suhu panas mesin.

“Setelan klep renggang oke di akselarasi. Tapi, perjalan mudik menuntut daya tahan dan putaran atas panjang. Disarakan kambali pakai setingan pabrik,” ucap Didin sambil mewanti agar ganti oli dan cek busi.

Penulis/Foto : Kris/David

INTIP INDIKATOR



6262servis-rem-dvd-1.jpgKondisi jalan yang macet, sering kali membuat kita mengalami stop and go dalam perjalanan. Yap! Kondisi seperti ini memaksa selongsong gas dan tuas ataupun pedal rem sering difungsikan. Biar enggak ada masalah dengan peranti ciet ini, baiknya kita servis.

“Jika peran rem tidak bermasalah, cukup perhatikan indikator keausan saja. Misalnya, batas level minyak rem jika pakai rem disk,” saran Kardi, owner Kardi Mulia Motor di Jl. WR Supratman, Kp. Utan, Ciputat, Tangerang.6263servis-rem-dvd-2.jpg

Apabila ketinggian minyak rem berkurang, baiknya ditambah. Tapi, perlu diperhatikan juga! Kalau turunnya minyak rem terlalu jauh dari batas indikator yang ada, maka bisa dipastikan kampas rem juga mengalami keausan dan kudu ganti.

"Jarang sekali minyak rem turun karena kebocoran. Tapi, biasanya karena kampas rem yang habis. Minyak rem ini terus turun seiring habisnya kampas mendekati cakram,” tambah pria ramah asal Cilacap, Jawa Tengah ini.

Sekalian juga lakukan penggantian kampas jika sudah aus. Untuk minyak rem sendiri, biasanya akan naik seiring dengan piston kaliper kembali ke posisi awal. Iya, ketika pakai kampas rem baru. Sedang untuk yang aplikasi model teromol, indikator biasa menggunakan model panah penunjuk. So!

Penulis/Foto : Eka/David

AWAS DAMPAKNYA!



6260ganti-sil-dvd-1.jpgEnggak ada salahnya meluangkan waktu sejenak untuk melihat kinerja puli rumah roller. Sembari menunggu adzan magrib berkumandang, coba pastikan kondisi part pengapit belt itu. Terutama, di bagian sil karet. Jangan biarkan karet pelindung itu lepas atau sudah tipis!

“Sil karet itu berfungsi menyekat grease. Oleh sil, gemuk yang melumasi puli dan bosnya itu ditahan agar tidak muncrat kemana-mana. Kalau sil aus atau sudah lepas dari dudukannya, grease terbuang kemana-mana dan jadi kering, busing dan rumah roller mudah aus,” ungkap Nuraimin alias Boday, mekanik JP Racing di Jl. Cendrawasih, No. 6E-F, Kp. Sawah, Ciputat, Tangerang.6261ganti-sil-dvd-2.jpg

Bikin bahaya lagi kalau bushing atau puli sampai aus. Dampaknya harus diganti satu set. Pertama, bushing puli itu sendiri. Karena tanpa grease, bushing yang menjadi poros puli ikut aus. “Paling mudah mencirikan bushing ini aus, ketika ada coakan atau baret yang dalam. Itu akibat gesekan puli dan bushing enggak sempurna,” akunya.

Efek selanjutnya, puli itu sendiri. Yap! Dengan oblaknya puli berputar, lubang puli bisa seperti apa yang dialami bushing. Permukaan kuningan di lubang puli ikut termakan.

Tentunya, akan berpengaruh pada kinerja CVT dong. Efek selanjutnya, tentu di belt. Pinggiran belt sisi kanan-kiri alami habis tak rata. So, tak ada salahnya lakukan pengecekan. Jika sil yang dijual sekitar Rp 10 ribuan ini aus, menggantinya cukup cungkil sil pakai obeng pipih. Pasangnya, beri grease ya. Tentu gemuk khusus CVT yang tahan panas itu.

Penulis/Foto : Eka/David

CASH ATAU KREDIT?



6223trik-beli-mtr-yudi-1.jpgSerem deh, kalo kita punya duit, tapi malah dipersulit beli motor! Apalagi jika beli cash. Katanya, diler kehabisan motor unit yang dimau. Tapi, bila beli kredit, langsung datang tuh motornya. Bener, gak sih?

Jika bertanya ke pabrikan, pasti jawabannya politis, he he he. Lagipula, pabrikan kan maunya jual sebanyak-banyaknya. Tidak peduli tunai atau kredit. Yang penting jualannya laku. Tapi, kadang ada diler yang nakal.

“Itu dulu. Tapi sekarang banyak tidak begitu. Karena sudah banyak diler. Mereka kompetitif jual motor karena kejar target dan takut stok numpuk,” jelas Andy ‘Akong’, juragan diler Suzuki Puma, di Denpasar-Bali, Jakarta dan Lampung.

Jadi, sebenarnya diler gak nakal. Tapi memang, jual secara kredit lebih nguntungin diler. Sebab, “Biasanya ada subsidi dari leasing untuk pembelian kredit,” jelas Christhomas Oklen, dari diler Kawasaki Junior Motor Sport di Cibinong, Bogor.6224vincent-2.jpg

Lagipula, “Meski kredit, kita ada jaminan dari leasing. Asuransi. Diler untung, konsumen juga aman,” bilang Vincent Apandi, diler Yamaha Eka Kencana Putra di Medan, Sumatera Utara.

Tapi, pada intinya, biasanya diler lebih mengutamakan pembelian kredit. Terutama untuk motor-motor yang laku. Misalnya, Yamaha Xeon 125, Jupiter, Honda Scoopy, Supra, Kawasaki Ninja, atau Suzuki Satria F-150.

Kalo dilihat dari sisi diler, tindakan mereka wajar. Sebab, seperti diakui Andy, Christhomas dan Vincent, keuntungan menjual dengan cara kredit lebih besar. jadi, jangan kaget kalau diler mengarahkan cara pembelian mencicil.

Nah, karena sudah tau itu, kudunya kita sebagai konsumen punya posisi tawar lebih baik. Lagipula, menurut ketiga orang tadi, biasanya diler mengembalikan lagi keuntungan tadi ke konsumen.

“Kita kasih diskon lebih untuk pembelian kredit,” jujur mereka. “Malah, kadang kita beri merchandise atau souvenir tambahan,” imbuh mereka lagi.

Tuh, kan! Jadi, kalau memang niat beli kredit, jangan lupa tanya diskon dan souvenir hadiahnya lagin.

Yang apes kalau beli ke channel alias pedagang motor yang jadi perpanjangan tangan dari diler. Karena mereka sudah tangan kedua, pasti untungnya lebih kecil dari diler. Makanya, mereka akan memaksa untuk beli kredit. Tentu agar mereka mendapatkan tambahan dari leasing.

“Kadang juga, untuk pembeli cash, channel nakal jual dengan harga lebih mahal. Itu biasa, karena mereka memang cari duit. Bukan cari pelanggan,” jelas Vincent.

Meski begitu, seandainya kita mau beli tunai juga ada triknya. Biasanya dengan pancingan bahwa di diler lain kasih diskon atau hadiah. Atau, dengan cara agak bohong. Bilang aja pertamanya mau beli kredit. Ntar kalau barang sudah dibilang ada, baru deh tuntaskan dengan tunai. He he he!

Penulis/Foto : Aries/Yudi

KUALITAS BENGKEL RESMI HARGA BENGKEL UMUM



6227mr-montir---endro-1.jpgKualitas pabrikan tentu saja harga yang ditawarkan standar pabrikan pula. Mr. Montir yang baru diluncurkan sejak November tahun lalu ini berani menjamin Kualitas Bengkel Resmi Harga Bengkel Umum.

“Harga kami lebih murah 50 persen dibanding bengkel resmi. Namun dengan standar pelayanan, peralatan dan spare part sama dengan bengkel resmi,” kata Davy Makimian, President Director PT Techno Motor Indonesia (TMI).

Dengan standar layanan seperti ini PT TMI berani menawarkan konsep bengkel modern ini kepada pihak lain. Waralaba Mr. Montir ini sudah ada 8 bengkel di Jakarta. Sebanyak 18 bengkel sedang dalam progress untuk dilaunching. “Kami akan mengembangkan sayap ke seluruh Indonesia. Dalam tahun depan akan buka di Bandung, Surabaya dan Makassar,” papar pria berkantor di Jl. Letjen S. Parman, Kav.73, Slipi ini.

Untuk menjamin keberlangsungan usaha, Mr. Montir tidak hanya bergerak di jasa bengkel. Di sini konsumen bisa mendapatkan perlengkapan variasi motor yang diinginkan. “Termasuk kami kerja sama dengan beberapa lembaga pembiayaan motor. Bahkan, sudah saat ini kami menjual motor baru juga di Mr. Montir ini,” kara Davy.

Untuk bisa buka Mr. Montir, calon mitra dikenakan biaya Rp 199 juta. Biaya itu sudah termasuk untuk peralatan standar, 5 bikelift, seragam, toolbox, dan sumber daya manusia. Soal SDM ini pihak TMI juga menyelenggarakan Techno Motor Academy yakni sebuah lembaga pendidikan yang akan mencetak kader mekanik handal dengan proses pembelajaran yang sangat modern ditunjang fasilitas komplet.

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi PT Techno Motor Indonesia (TMI) di 021 - 53675700.

Penulis/Foto : Hend/Endro

TEKNOLOGI IRIT, RAMAH & TERJANGKAU



6228bedah-cbr-250-yudi-1.jpgMr. Tetsuo Suzuki, dari Honda R&D Co. Ltd. Japan, bilang kalau New Honda CBR 250R yang diluncurkan di Bangkok-Thailand (27/10) lalu sudah mengusung mesin 249,4 cc yang rendah emisi, irit tapi tetap bertanaga.

Untuk menekan emisi gas buang menggunakan Programmed Fuel Injection System (PGM-FI) pada komponen penyuplai gas bakarnya. Agar suplai bahan bakar akurat pada setiap tingkatan rpm.

PGM-FI juga disempurnakan sensor udara di throttle body dan sensor oksigen di exhaust. Tidak ketinggalan Air Induction System (AIS) pun sudah ikut dipasang di kepala silinder.

Aliran udara murni dari boks filter 2 ruang 2 pipa berkapasitas 5,5 liter, mix dengan semburan bensin yang perbandingannya sangat tepat. Tidak hanya itu, sisa gas bakar dinetralisir knalpot yang dilengkapi katalis di silencer. Mau lebih detail lihat jeroan mesin, yuk baca terus ulasan kompletnya.

DOHC PLUS ROCKER ARM ROLLER6229bedah-cbr-250-yudi-2.jpg

Untuk mendapatkan kesan mesin sport bike, kudu menghasilkan tenaga bagus. Namun di sisi lain harus rendah emisi. Maka dipilih penggerak klep DOHC.

Menurut pihak Honda, DOHC mampu memaksimalkan pembakaran dan mengurangi berat klep. Pemilihan ini mempertimbangan sudut antar klep, bentuk porting dan bentuk ruang bakar.

Sementara untuk mekanisme klep, menggunakan rocker arm roller yang dipasang di head DOHC. “Di mesin motor, DOHC rocker arm roller adalah yang pertama di dunia,” jelas Tetsuo Suzuki.

Mekanisme penggerak klep rendah gesekan dipasang pada kepala silinder ukuran kecil namun lay-outnya kompak.

Penggantian sim penyetel celah klep juga tidak perlu repot bongkar kem. Per klep juga rancang paling ringan namun katup masih bisa menutup rapat dan tidak floating. Ini agar mesin lebih efisien.

JARAK OFFSET KRUK-AS 4 MM

6230bedah-cbr-250-yudi-3.jpgUntuk dapatkan tenaga optimal, smooth dan efesiensi bensin, selain pakai roller rocker arm, mesin yang rasio kompresi 10,7:1 ini juga menerapkan jarak offset 4 mm. Ketika piston sedang top, antara titik tengah kruk as dan pin terdapat jarak 4 mm.

Keunggulan dari jarak offset di mesin bertipikal oversquare ini, saat seher bergerak naik menekan liner jadi minim gesekan. Terutama di bagian permukaan badan seher yang menghadap langsung ke lubang exhaust dan memiliki gaya tarik grafitasi lebih besar.

Makanya gerak naik-turun piston tipe molybdenum coating itu jadi ringan dan pastinya berumur lebih panjang.

Ruang bakar dan sudut antar klep juga dirancang agar sesuai dengan bensin berbeda karakter di pasar dunia. Ruang bakar yang digunakan model pen-roof. Banyak digunakan untuk racing.

LUAR LINER MODEL BERDURI
6231bedah-cbr-250-yudi-4.jpg
Selajutnya untuk meredam impact hasil pembakaran,liner silinder yang dianut Honda CBR 250R memilki permukaan luar yang berbeda dari generasi yang sudah-sudah. Ini kali liner silinder yang dirancang memiliki permukaan luar berbentuk berduri.

Bahkan kemampuan lain dari liner tipe ini diklaim jauh lebih kuat menahan distorsi gesek, yang disebabkan oleh tekanan atau impact piston di dalam lingkar silinder saat terjadi proses ledakan. Sehingga tidak mudah lepas.

Nah, model liner berduri seperti itulah salah satu penunjang perfoma mesin Honda CBR 250R tetap. Boring tidak mudah bergeser dari blok.

METAL BEARING KRUK-AS

6232bedah-cbr-250-yudi-5.jpgUntuk pertama kalinya mesin Honda CBR 250R menggunakan bantalan poros kruk-as yang beda dari biasanya. Jika tunggangan sejenis umumnya pakai bantalan berupa bearing atau laher, di kruk-as Honda CBR 250 justru andalkan metal bearing (half-split, press-fit). Kita tahu bantalanan jenis ini kerap dipakai kruk-as mobil yang notabene bergasing tinggi.

Metal bearing atau dikenal dengan sebutan metal duduk. Konon dibuat dari besi tuang yang dirancang khusus memiliki keunggulan sangat tahan gesek juga kuat menahan beban pukul (impact) hasil proses pembakaran.

Keunggulan lain metal bearing juga sangat rigid di posisinya ketika bandul kruk as berputar kecepatan rendah maupun tinggi. Bahkan lempengan tahan panas ini juga dirancang memiliki aliran oli yang mampu melindungi dari gesekan hingga bagian pori terkecil sekalipun.

BALANCER PRIMER
6233bedah-cbr-250-yudi-6.jpg
Karakter CBR 250R yang jago di putaran bawah bukan cuma terbaca dari spesifkasi volume silindernya. Tapi, juga bisa dilihat dari bentuk bandul kruk-as yang besar. Bahkan kinerjanya semakin kokoh setelah pin kruk-as yang diadopsi connecting-rod berdiameter sangat besar, yaitu 35 mm.

Lalu untuk meredam getar hasil putaran kruk-as, mesin yang punya diameter payung klep in (30 mm) dan out (24 mm) itu didukung primary balancer. Konon komponen dibuat dari bahan khusus berkualitas tinggi itu, dipercaya tangguh meredam getar mesin satu silinder. Makanya suara mesin terdengar halus.

Makin sempurna poros primary balancer yang duduk di batalan model laher, terhubung langsung ke gir primer di bak mesin sebelah kanan. Keuntungannya bukan cuma rigid tapi juga hasilkan kinerja komponen di rumah kopling tetap stabil.

Penulis/Foto : Kris/Dok. MOTOR Plus

Selasa, 16 November 2010

GAUL DAN RAMAH

5977tvshybrid1.jpgGlobal warming sudah menjadi isu hangat. Juga paling banyak dibicarakan oleh dunia industri saat ini. Begitu juga halnya dengan para produsen otomotif. Menyadari bahwa sektor otomotif menjadi salah satu penyumbang polusi. Termasuk produsen motor TVS asal India, mencoba menciptakan konsep motor ramah lingkungan. Pilihannya adalah dengan aplikasi mesin hybrid.

Produk gaul yang masih dalam taraf konsep ini diberi nama Qube 2.0. Dari daftar uji emisi yang dirilis TVS, sejumlah racun yang dikeluarkannya jauh berkurang dibandingkan 5978tvshybrid2.jpgmotor biasa. Misalnya saja untuk C02, berhasil dikurangi 30% pada kapasitas mesin yang sama.

Sementara itu HC dan NOx juga turun drastis. Klaimnya, berhasil didapat penurunan hingga 25%. Bukan hanya itu, mengenai pengiritan bahan bakar tentuunya juga ikut terjadi. "Bisa didapat efisiensi bahan bakar hingga 30%," klaim Pramod V. Kulkarni selaku Head of Engineering R&D, PT TMCI.

Tentu saja semua itu bisa dicapai karena sistem hybrid tadi. Motor ini menggunakan dua cara pengoperasionalan. Menggunakan bahan bakar bensin biasa dan juga baterai.

5979tvshybrid3.jpg"Untuk menjalankan motor ini ada beberapa pilihan," beber Pramod sambil menjelaskan maksudnya. Pilihan adalah hanya bensin, hanya baterai dan hybrid economy.

Sementara yang dimaksud hybrid economy adalah sistem bensin akan bekerja ketika motor melaju di atas 25 km/jam. Sedangkan jika lebih lambat dari kecepatan itu, akan berpindah ke sistem baterai.

"Artinya antara bensin dan baterai itu berfungsi sesuai kecepatan kendaraan," tambahnya. Petunjuk mengenai kondisi itu akan ditampilkan di layar semacam panel spidometer yang nemplok di setang. Selain itu juga bisa diatur perpindahannya menggunakan switch starter.5980tvshybrid4.jpg

Kapasitas mesin sendiri memang tidak terlalu besar. Dengan menggunakan perbandingan bore dan stroke 51 mm x 43 mm, didapat angka 87,8 cc. Sedangkan untuk bahan bakar, cukup menggunakan bensin biasa. Baterai akan otomatis dicarge oleh kelistrikan mesin itu sendiri.

Secara desain, tampilannya cukup unik atau bisa juga dibilang lucu. Dengan menggunakan roda berdiameter 10 inci memang terlihat kecil. Tapi, jika perhatikan model jok, sepertinya dimungkinkan untuk berboncengan.

Namun ada batasan berat maksimal yang sudah dipatok di 120 kg. Artinya kalau berlebihan, bakalan bisa menjerit juga nih motor. Juga bagi yang doyan ngebut memang rasanya tidak akan puas.

DATA SPESIFIKASI

Power : 800 W
Torque : 13 Nm
Tipe betarai : Li-Ion /VRLA
Kapasitas : 48V 10Ah/ 48V 12Ah
Transmisi : Rantai
Wheel base : 1.230 mm
Panjang : 1.735 mm
Tinggi : 657 mm
Gerat : 114 kg
Ground clearance: 135 mm

Penulis/Foto : Nurfil/Endro

Silencer Sistem Cor

6062bolt-on-knalpot-adib.jpgVariasi skubek terus berkembang. Termasuk pilihan knalpot yang makin menawan. Salah satunya sodoran Mulyamin, bos toko variasi Anugerah Motor. Menawarkan pipa buang model baru.

Beda sama model lain yang paling mencolok ada pada silencer. Dibuat dengan sistem aluminium cor. Sehingga tidak ada sambungan dengan ripet. Kecuali untuk mocong belakang, bisa dibuka supaya mudah ganti glasswool.

Suaranya lumayan adem. Jika kondisi langsam mirip seperti knalpot asli. “Begitu digas, baru akan keluar suara racing,” jelas Mulyamin.

Dibuat untuk beberapa tipe motor. Terutama skubek Yamaha Mio, Nouvo, Suzuki Spin 125, Skywave 125, Honda Blade 110R, Kawasaki KLX dan lainnya.

Untuk informasi knalpot yang dijual Rp 500 ribu ini silakan kontak Mul di Jl. Raya Bulak, No. 466, Jaribarang, Indramayu. Telepon 0819-469-27447.

Penulis/Foto : Aong/Adib

DUEL LEWAT HARGA JUAL!

6056hal15_xeonok1.jpgYamaha Xeon dan Honda Vario CBS Techno sama-sama dipasang untuk bertarung di kelas skubek medium. Lihat saja banderolnya, jika dilihat dari sisi harga kedua motor ini tidak jauh berbeda, Xeon dijual Rp 15,5 juta lebih murah ketimbang Vario CBS Techno yang dijual Rp 15,79 juta.

Makanya ditinjau dari harga yang ditawarkan, tidak sedikit konsumen yang bingung. Keder buat tentukan pilihan. Sebab dengan sodoran yang menarik, keduanya hanya punya selisih harga Rp 200 ribuan aja. Tifis memang!

Eit, jangan bingung lagi. Sudah tugas Em-Plus buat memberikan info mengenai kedua skubek ini. Begitunya sobat bisa dengan mudah dalam menentukan pacuan sesuai keinginan hati.

Karena, meskipun dipasang dengan harga yang mirip, tapi kedua skubek itu pasti punya kelebihan dan kekurangan yang tidak dimiliki salah satunya. Itulah yang bisa jadi pertimbangan sobat.

Misalnya, dari kapasitas mesin yang berbeda. Kalau Vario CBS Techno masih mengadopsi engine bawaan Vario dengan isi silinder 110 cc. Sedangkan Xeon mengadopsi tipe mesin yang benar-benar baru dan berkapasitas 125 cc.

Persamaannya, kedua mesin skubek ini sama-sama dilengkapi pendinginan mesin tipe liquid. So, pilih boyong Vario CBS Techno atau Xeon untuk aktivitas harian dan mengisi garasi rumah?

Silakan dipilih!

KILAS TEKNOLOGI
6057hal15_xeonok2.jpg
Bicara teknologi keduanya cukup bersaing! Tapi, tentunya teknologi yang dikeluarkan berujung di dua hal berbeda. Untuk Vario CBS Techno tidak hanya soal pendinginan mesin, teknologi juga lebih mengacu ke sisi pengereman. Aplikasi CBS (Combi Brake System). Itulah yang diunggulkan skubek 110 cc ini.

Hanya dengan menarik tuas rem kiri saja, laju motor bisa dihentikan dari kedua roda. Ya, roda depan dan belakang. Karena tuas rem kiri alias belakang itu mempunyai semacam adaptor yang memfungsikan kinerja master rem depan juga. Tapi, bobot pengeremannya diatur ulang.

Sedang Xeon, teknologi unggulan bermain di sektor engine. Mengadopsi bahan Diasil Cylinder, kinerja piston forged jadi lebih minim friksi. Sehingga kinerja mesin tetap terjaga. Apalagi, Xeon juga dibantu pendinginan radiator. Kompresi tinggi pun, gak masalah. Starter di Xeon juga halus ketika aktifkan lewat elektrik starter. Karena gir starter dan clutch starter terendam oli.

DESAIN DAN HANDLING

6058hal15_xeonok3.jpgBicara soal desain, kedua skubek ini memang mengacu ke tampilan yang sporty! Boleh dikatakan, desain yang dianut Xeon dan Techno memiliki sudut tajam semua. Itu, ciri khas dari desain futuristik dan sporty. Tapi desain dari Techno terkesan lebih sporty ketimbang Xeon.

Misalkan dari lampu depan saja ya! Desain headlamp Techno harmonis hingga ke bagian buritan. Jadi, desain terasa lebih menyatu dari bagian depan hingga belakang. Sedang untuk Xeon, desain terasa agak lebih padat. Terutama di bodi bagian belakang. Desain bodinya seakan membesar di buritan.

Tapi, bicara soal handling, keduanya tergolong lincah buat menerobos kemacetan dan nyaman dipakai berkendara. Hanya saja, karena jarak terendah dari tanah yang dimiliki Xeon lebih rendah (125 mm), jadi agak berhati-hati ketika melewati undakan semacam polisi tidur yang agak tinggi. Sedang Techno agak lebih tinggi dengan jarak terendah ke tanah 133 mm.

FITUR & AKSELERASI
6059hal15_xeonok4.jpg

Fitur, rasanya dipegang Xeon. Misalnya, buat kemudahan pengendara untuk membawa barang. Meski kedua skubek ini mengaplikasi kompartemen depan, tapi bagasi yang diaplikasi Xeon lebih besar ketimbang Techno. Bagasi di bawah jok skubek Yamaha itu, mampu menampung helm half face. Sedang di Techno tidak.

Fitur lain yang diunggulkan Xeon, terletak di soal kemudahan pengendara untuk mendeteksi kerusakan engine di pacuannya. Itu bisa dipantau lewat lampu indikator yang terletak di panel spidometer dengan gambar ignition. Lampu ini akan berkedip sesuai kerusakan yang terjadi.

Soal akselerasi, keduanya juga tidak jauh beda. Meski Yamaha memiliki kapasitas mesin lebih besar, tapi laju skubek pabrikan garputala itu bisa samakan skubek sayap tunggal. Misalnya untuk akselerasi 0–60 km/jam. Xeon mencatat waktu terbaik 6,48 detik. Sedang Techno atau CBS main di 6,88 detik. Untuk jarak 0–100 meter, CBS tembus di 8,6 detik dengan kecepatan 66 km/jam. Xeon, main di 8,65 detik juga dengan kecepatan yang sama. Sedang untuk jarak 0-201 meter. CBS tembus di 13,5 detik dengan kecepatan 80 km/ jam. Xeon, main di 13,7 detik di kecepatan 76,4 km/ jam.

LAYANAN PURNAJUAL


6060hal15_xeonok5.jpgUntuk layanan purna jual berhubungan dengan ketersediaan spare-parts. Saat kedua skubek ini diluncurkan seluruh petingginya memastikan bila suku cadang yang tersedia bisa didapat di dealer. Baik dealer kecil dan besar.

Biasanya sebelum motor diluncurkan pihak pabrikan sudah lebih dulu distribusikan suku cadangnya jadi enggak usah khawatir. Tinggal datang ke main-dealer seluruh kebutuhan suku cadang ke dua skubek ini sudah tersedia.

Utamanya buat komponen lekas ganti atau fast moving, hampir seluruh main dealer wajib stok. Sedangkan buat cover bodi bila stok warnanya sedang habis biasanya pemilik motor disarankan untuk pesan lebih dulu. Waktu yang dijanjikan umumnya tidak lama bisa tiga hari sampai 1 minggu. Untuk kampas rem atau belt CVT stok sudah pasti tersedia.

BICARA VARIASI6061hal15_xeonok6.jpg

Ngomongin part pendukung tampilan Xeon dan Vario CBS Techno, keduanya memang sudah memenuhi etalase toko variasi. “Rata-rata masih komponen bolt-on yang langsung bisa dipasang,” ujar Ryan Cahyadi dari rumah modifikasi Aboben, Jl Hasanudin 48, Denpasar, Bali.

Kebanyakan barang yang ditawarkan ini didatangkan dari Thailand. Prediksi Johny Lipurnomo dari gerai Custom World yang sudah lama jadi jual variasi mengatakan. “Langkanya jenis variasi Xeon atau CBS Techno lantaran motor ini kurang diminati di Thailand,” ujar pemilik toko di jalan Sumagung, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Jenis barang yang beredar macam teromol Nouvo Elegan yang bisa diaplikasi untuk Xeon untuk pasang pelek 17 inci. Sedang stiker bodi asal Thailand diakui sebagai part yang laris manis, untuk Xeon pakai Mio 125 sedang CBS Techno pasang grafis Click I yang ditawarkan Rp 80 ribu - Rp 100 ribuan.

Part lainnya untuk Xeon ada cover radiator berkelir krom dibanderol Rp 175 ribuan. Sedangkan handle buat Vario CBS Tecno beda dengan Vario biasa, lantaran ujung tuas pengungkit buat CBS Techno ini modelnya lain.

Penulis/Foto : Belo, Eka/Indra GT

WASPADA GETARAN MOTOR BORE UP!

6088backbone-dvd.jpgKita mulai dari penelitian dr. Aviandy Sukarto, Msc. SpKP tentang vibrasi sebagai tugas intelektual untuk mendapatkan S2 yang dilakukannya. Ia meneliti ikhwal bahaya getaran yang dialami beberapa orang dalam profesi berbeda. “Ada pilot helikopter, supir truk dan biker,” buka dokter yang juga biker itu.

Langsung pada pokok masalah. Dokter yang akrab disapa Dondy ini memberi gambaran, ada beberapa bentuk gelombang yang berbeda saat terjadi getaran di kisaran 20-25 Hz untuk profesi tertentu. “Bentuk gelombang pada getaran helikopter misalnya lebih renggang, sedangkan motor sangat rapat. Hal ini bisa membahayakan kesehatan terutama serangan pada tulang leher dan mata,” jelasnya.

Makin mengerucut, ia punya pengalaman khusus. ”Keseharian saya bergaul dengan pengendara. Mulai dari Harleymania sampai motor kecil termasuk mereka yang berkategori speed freak alias penyuka kecepatan,” ulas Dondy.

Ia pernah mencoba skubek bore up milik rekannya. ”Busyet getarannya sangat tinggi, tangan saya kesemutan,” jelas Dondy. Ia lantas mewanti temannya untuk berhati-hati menghadapi getaran ini.

Kekhawatirannya terbukti. Beberapa bulan kemudian yang bersangkutan mengeluhkan ada gangguan kesehatan terutama rasa sakit di tulang lehernya. Dari hasil analisis temannya ini mengalami gangguan akibat getaran di skubek bore up yang sering dipakainya.

Buat Dondy, getaran skubek bore up jauh lebih berbahaya dibanding getaran motor besar. ”Untuk Harley-Davidson apalagi keluaran terbaru, getaran mesin sudah diredam oleh bobot motor itu sendiri. Pabrikan merancang engine mounting malah balancer di mesin. V-Rods sebagai contoh sudah sangat halus hingga relatif aman,” ungkapnya panjang lebar.

Hal ini tidak ditemukannya pada rancang bangun sasis skubek bore up. “Peruntukan sasisnya bukan untuk menghandel getaran demikian besar. Sasis yang kecil membuat seluruh vibrasi menyerang ridernya. Tidak heran dalam jangka waktu tertentu, mereka akan mengalami gangguan,” seriusnya.

Sadar atau tidak, pemakai bore up untuk daily riding akan mengalami getaran terus menerus. “Saat kita naik motor, tubuh akan bergetar secara kontinu. Di antara tulang terdapat semacam bantalan yang disebut anulus vibrosus. Bantalan ini berfungsi meredam getaran antar tulang belakang. Seiring dengan bertambahnya usia, pola makan salah dan gaya hidup, bantalan itu akan mengeras. Getaran yang terus menerus menyebabkan antar tulang beradu hinga berakibat tumbuhnya tulang baru di samping kiri-kanan ruas tulang tadi atau spur formation. Tumbuhnya tulang tadi bisa menjepit susunan urat syaraf terutama di tulang punggung.”

Tak hanya itu serangan vertigo atau pusing kepala sebelah atau sevalgia (pusing yang sangat), kesemutan, radang syaraf tepi dan banyak lagi keluhan lain.

”Banyak kasus yang saya alami adalah posisi susunan tulang leher yang bergeser di c4 dan c5, vertebra serticalis. Melihat fakta ini, ia menyarankan biker untuk waspada. Getaran di motor jangan dianggap sepele. Merancang serius struktur engine mounting yang baik harus dipikirkan. Di sisi lain, kesehatan rider sendiri harus diperhatikan seperti menjaga pola makan seimbang, gaya hidup sehat dan olahraga adalah pencegahan paling baik. “Merokok minuman beralkohol dan makanan berkolesterol tinggi juga menjadi pemicu hal itu,” wantinya.

Khusus untuk pasien yang sudah terserang, Dondy juga memberikan solusi terapi zona meridian. Terapi ini menggunakan teknik mirip akupuntur dengan bantuan alat berjuluk Chronosonic Ultra Sound. Syaraf yang terkepit atau interlock akan dibebaskan dengan bantuan kekuatan frekwensi suara sampai 98 mhz. Frekwensi ini membuat pembuluh darah terbuka maksimal, otot menjadi fleksibel dan syaraf yang terjepit bisa dikembalikan ke posisi semula,” jelasnya.

Khusus soal getaran ini, Dr. Andrian Tio yang sering berkecimpung jadi dokter pengawas di balapan bergengsi ikut memberikan komentar. ”Hemat saya vibrasi itu tidak banyak punya pengaruh khususnya soal tulang belakang. Yang bahaya jika ada impact yang kuat secara tiba-tiba saat Anda riding. Misalnya sok mati lalu tiba-tiba menghajar lubang besar,” jelas Andrian.

Faktanya, hal ini terjadi pada Aep Dadang, crosser nasional yang mengalami cedera tulang punggung akibat mendapat benturan atau impact yang sangat besar ketika berlaga di sirkuit. Sip lah, tapi tidak ada salahnya menseriusi dampak getaran terutama di motor yang bergetar hebat.

Bukan begitu?

Penulis/Foto : Isf@n/David

JANUARI MASUK INDONESIA

6087minerva-pepe---endro-.jpgSaat mencoba motor 600 cc keluaran PT Minerva Motor Indonesia (MMI) di Sentul beberapa waktu lalu, PT MMI juga menghadirkan skubek retro yang mungil dan imut.

Em-Plus yang kebetulan bawa pasukan cewek tertarik mencoba motor yang memang disasar buat pasar cewek. Posisi duduk dirasa nyaman dengan jarak setang dan jok. Tetapi jarak jok ke tanah seperti ketinggian.

Hanya dengan postur tinggi Em-Plus yang 160 cm, hanya ujung kaki yang bisa menyentuh tanah. Skubek ini memang masih ukuran cewek bule. Nantinya akan disesuaikan dengan ukuran postur umumnya cewek Indonesia.

Saat diajak menyusuri aspal parkiran Sentul, mesin bersuara kering ini seperti kurang maksimal mengembuskan tenaga. Maklum, 2-tak dan hanya 50 cc. Bentuk setang yang simpel dan ringan terasa seperti nekuk sepeda.

Ketika diajak melibas aspal keriting, getaran kurang nyaman dirasa. "Nanti akan disesuaikan pasar Indonesia. Seperti cc menjadi 125 dengan mesin 4-tak," tambah Kristianto Goenadi, Presdir MMI.

Rencananya juga MMI bakal mengambangkan dalam versi, yaitu sport dan retro yang dibedakan dari bentuk lampu depan. Soal bocoran harga MMI sudah buka-bukaan, antara Rp 15-16 juta.

Kita tunggu di Januari 2011.

Penulis/Foto : Tining/Endro

Rabu, 10 November 2010

Bahaya Mengintai di Keseharian

Banyak pengendara kurang sadar akan kesehatan jangka panjang. Padahal sering terjadi, penyakit timbul akibat kelalaian di tempat kerja. Di lingkungan biker, bahaya penyakit kronis seperti paru-paru selalu membayangi.

Pekerjaan apa saja yang bisa berakibat fatal jika lalai pakai pengaman atau masker. Menurut dr. Abraham, semua bahan kimia berakibat buruk dalam tubuh manusia. “Tapi tergantung daya tahan atau imunitas tubuh. Kalau orangnya kuat, penyakit yang timbul dalam jangka waktu lama. Tapi kalau daya tahannya rendah, bisa timbul lebih cepat,” ujar dokter praktik di Jl. Hang Lekir, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Tining,

BERMAIN DENGAN CAT

439kesehatan-biker---endro-.jpgKeseharian bermain dengan cat adalah paling rentan dengan penyakit paru. Apalagi kalau selama bekerja tanpa memakai masker dan pelindung tangan.

Cat merupakan bahan mudah menguap. Untuk pengecatan motor, cat semprot akan mengubah menjadi bentuk aerosol yang mudah terisap. Sehingga lebih mudah masuk ke dalam tubuh manusia. Bisa melalui pernapasan, kontak kulit maupun oral. Kandungan bahan kimianya dapat menyebabkan kanker terutama kanker paru.

Bahan kimia lain dalam cat semprot, adalah hidrokarbon (HC). Bahan ini mudah menguap dan dapat menimbulkan sensasi euforia dan halusinasi. “Penyerapan yang tinggi mempengaruhi kesehatan paru bahkan dapat menyebabkan kematian,” tambah dr. Muktar Iksan, Sp. P.MARS, dari program kajian kesehatan kerja RS Persahabatan, Jakarta.

Cat semprot lebih berbahaya daripada cat kuas. Selain itu cat dapat mempengaruhi beberapa organ lain seperti susunan saraf pusat, hati, ginjal, kulit, mata, organ reproduksi, jantung dan paru.

Faktor manusia juga mempengaruhi. Seperti kebiasaan merokok, kecepatan aliran udara, pernafasan, dan ukuran paru. Kejadian kanker paru akan meningkat setelah 20 tahun tahun lebih, tergantung ketahanan manusianya.

PEKERJA SPBU
440kesehatan-biker---yudi-.jpg
Hampir setiap hari petuga yang bekerja SPBU menyerap uap yang keluar dari bahan bakar yang dituang. Untuk satu pekerja, dalam sehari sekitar 6 jam. Dalam seminggu seumpama kerja 6 hari, maka 12 jam. Sebulan 360 jam, setahun 4.320 jam. Rata-rata orang kerja 20 tahun. Bayangkan berapa banyak zat yang terkandung dalam BBM terhirup.

Kandungan ada dalam bahan bakar seperti sulfur, zat warna berbahaya jika terserap ke dalam paru-paru. Zat sulfur jika terserap dalam tubuh dalam kadar tertentu menimbulkan iritasi sistim pernafasan.

Bahkan pada orang yang sensitif lebih mudah terkena iritasi ini. Sehingga sulfur dianggap pencemar yang berbahaya bagi kesehatan terutama terhadap orang tua dan penderita sistem pernafasan.

POLISI DAN KURIR

441kesehatan-gt.jpgPetugas polisi di jalan dan kurir jelas tiap hari menghirup asap kendaraaan, polusi dan debu. Zat yang terkandung dalam polutan dan debu dengan mudah mengancam tenggorokan. Dalam jangka waktu tertentu menyerang paru.

“Jika terus menerus, bisa menyerang darah. Itu bisa merembet ke bagian penting tubuh manusia lainnya,” ungkap dr. Abraham.

Unsur kimia berbahaya yang terdapat akibat pembuangan gas yakni CO (Carbon monoksida) dan HC (Hidrocarbon). Gas CO mengikat oksigen di dalam darah. “Itu sebabnya, seseorang bisa mati lemas setelah menghirup gas ini,” jelasnya.


Penulis/Foto : Isf@n/Endro, GT, Yudi

Obatnya Rajin Mandi

1310kesehatan---endro-1.jpgPengguna motor pastinya bersahabat dengan panas dan keringat. Apalagi buat pengendara tinggal di daerah tropis seperti Indonesia. Karena selama berkendara, badan tertutup rapat. Sehingga mengakibatkan banyak keringat keluar dan bikin kulit lembab. Kalau tidak bersih, bisa mengakibatkan tumbuh jamur di bagian tertentu tang tertutup rapat.

“Jamur tumbuh di badan dikatagorikan dari tempat tumbuhnya,” buka dr. Hannah K.M. Damar Sp.KK, spesialis kulit dan kelamin dari Semanggi Specialist Clinic, Plaza Semanggi, Jakarta Pusat.

Di bagian kulit kepala tertutup rapat helm bisa disebut kurap. Itu diakibatkan jamur microsporum atau trichophyton. Cirinya, ruam merah bersisik, gatal, dan rambut mudah patah atau rontok. Akibatnya timbul botak.1311kesehatan-dr.-hannah-k.jpg

Pada punggung dan dada yang tertutup jaket termasuk infeksi jamur ringan. “Solusinya, rajin mandi, bersihkan badan dan bagian yang sering keluar keringat pakai sabun mandi,” wanti dokter Hannah.

Selain di badan, jamur juga bisa menyerang kuku serta sela jari-jari, terutama di kaki. Karena bagian ini termasuk bagian yang subur untuk tumbuhnya jamur kurap. Jamur yang menyerang bagian kuku bisa mengakibatkan kelainan bentuk kuku dan kuku tumbuh tebal serta kusam.

“Kalau sudah parah kuku bisa lepas,” papar dokter ramah ini. Pengobatannya selain menjaga tetap kering, pakai krim penghilang jamur.

Di bagian kulit kepala solusinya tentu rajin keramas. “Kalau rambut masih lembab, jangan langsung ditutup helm. Biarkan kering dulu. Kain bagian dalam helm pun harus rajin diangin-anginkan. Juga perlu dicuci teratur. Sehingga tidak lembab,” wanti dokter yang sempat jadi foxy lady saat menempuh strata satu di Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah ini.

Penulis/Foto : Tining/Endro

Kurangi Minuman Ringan

2968vit-axl.jpgMinuman ringan identik dengan minuman berkarbonasi atau softdrink. Beda dengan minuman berenergi. Minuman berenergi masih memiliki zat yang dibutuhkan tubuh. Sedangkan softdrink hanya berupa kalori tanpa kandungan zat gizi.

Softdrink hanya memberikan efek mengurangi rasa haus. Menjelang mudik Lebaran seperti sekarang ini, softdrink dan minuman energi laris manis diburu. Buat biker yang mudik naik motor, lebih baik sediakan minuman berenergi ketimbang softdrink buat buka puasa di jalan.

“Minuman berenergi bisa meningkatkan stamina dan konsentrasi pengendara motor,” saran dr. Samuel Oetoro, M.S, spesialis gizi klinik yang praktik di Plaza Semanggi, Jakarta. Dalam minuman energi ada kandungan multivitamin B (B1, B2, B3, B5, B6 dan B12), vitamin C, dan zat non gizi seperti taurin dan kafein. Taurin berfungsi mencegah kelelahan otot.

Namun demikian dr. Samuel menyarankan untuk meminum minuman berenergi dengan takaran yang pas. Tidak terlalu berlebihan. Walaupun kafein yang terkandung di dalamnya membantu meningkatkan kapasitas kerja otot dan merangsang susunan syaraf pusat. Sehingga membuat biker tetap merasa segar, tidak merasa ngantuk dan konsentrasi berkendara meningkat.

Softdrink mengandung kadar gula tinggi. Tingginya kadar gula mempengaruhi pula kadar gula dalam darah. Efeknya mudah lapar dan haus. “Penggemar softdrink, efek mudah lapar dan haus ini yang akhirnya memicu kegemukan. Karena tubuh selalu merasa lapar dan haus,” tutup dokter ramah ini.

Penulis/Foto : Tining/Hery Axl

Awas Riding Position

4254kesehatan-japs-adib-3.jpgSeorang Tigeris mengeluh pada dr. Aviandy Sukarto Msc. SpKP terapis Zona Meridian juga pakar kedokteran komunitas. Intinya keluhan nyeri pada pergelangan tangan dan tulang belakangnya. Dokter yang akrab disapa kang Dondy ini lantas meminta sang rider memperlihatkan motornya.

”Dari gambar ponselnya saya lihat nyemplak Tiger bergaya retro aliran Jap’s Style. Dari situ saya pelajari penyebab keluhannya, ternyata ada hubungannya dengan desain motor,” jelas dokter yang juga Harleymania ini.

Seorang mahasiswa Rahmat H. Saputra, meneliti mengenai hubungan antar sakit punggung dan berkendara. Kesimpulan penelitiannya, posisi berkendara yang salah akan menekan puggung belakang hingga menyebabkan nyeri punggung bawah atau low back pain.

Ini jelas kasus menarik! Lebih detial lagi Kang Dondy melihatfaktor bahaya di desain Jap’s Style yang rata-rata memakai setang dragbar, raiser tinggi, pijakan kaki di depan, jok lebih tipis dari standar dan sok belakang variasi ulir renggang agar minimalis.

Yuk kita uraikan. Desain seperti ini membuat rider ada dalam posisi menunduk. ”Sebagai contoh, posisi menunduk ala balap lebih aman, pasalnya pijakan kakinya ke belakang. Di Japs, rider menunduk tapi pijakan kaki di depan, ini rentan menyerang tulang belakang. Ditambah jok tipis dan per belakang yang rebound-nya tak maksimal,” kata Dondy lagi.

Ia lantas membandingkan dengan chopperis baik yang menganut hardtail ataupun softail, ”Chopper malah lebih aman, walau pijakan kaki di depan, posisi setang mendekati jangkauan baik desain ape hanger maupun bullhorned. Tulang belakang tidak terserang. Faktor bahaya dari mereka adalah ginjal, apalagi untuk yang rigid,” urainya.

Kembali ke Jap’s. Saat riding secara terus menerus, posisi ini membuat tulang belakang lumbal 4-5 terkena. ”Getaran dan posisi seperti itu dan tentunya nutrisi, usia dan hal-hal lain akan membuat bantalan di antara tulang mengeras. Ini bisa menyebakan tumbuhnya tulang baru di samping kiri-kanan ruas tulang tadi (spur formation). Nah, tumbuhnya tulang tadi bisa menjepit susunan urat syaraf terutama di tulang punggung.” Beberapa gejala akan terasa. Selain sakit pinggang, kesemutan dan keram akan menyerang.”

Gawatnya lagi nggak cuma tulang punggung yang kena.”Riding position seperti itu membuat kepala yang dibebani helm menjadi semacam bandul. Tulang leher akan mendapatkan beban yang berat ketimbang posisi duduk ideal. Efeknya tangan akan kesemutan, jari tengah tidak bisa ditekuk, jempol sakit, pergelangan tangan sakit ini berhubungan dengan gangguan syaraf tepi 2-3-4,” katanya lagi.

Untuk itu, ia ini mewanti agar biker berhati-hati memilih desain motor. ”Estetika juga tren memang sip, tapi jangan lupakan juga kesehatan, apalagi yang menyangkut riding position yang bakal menyerang tulang,” seriusnya.

Solusinya harus menyesuaikan ergonomi nyaman dan ideal saat membangun motor. Konsultasikan hal ini pada buildernya. Di sisi lain, gaya hidup, nutrisi juga perlu diperhatikan. ”Pola makan gak baik atau kolesterol tinggi misalnya akan menyebabkan Laju Endap Darah jadi tinggi. Darah mengental sel darah lebih banyak dari serumnya. Ini memicu terjadinya pengapuran tulang,” jelasnya.

Ati-ati, ah!

Penulis/Foto : Isf@n/Adib